ABIS 2023, Mendag Kolaborasi Swasta-Pemerintah Wujudkan ASEAN Incorporated 

September 3, 2023

BRIEF.ID  – Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan mengajak  swasta  berkolaborasi dengan pemerintah mewujudkan ASEAN Incorporated untuk menjadikan ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi global di masa depan.

“Kolaborasi adalah kunci untuk membangun ASEAN menjadi episentrum pertumbuhan global. Untuk itu,  kolaborasi pemerintah dan  sektor swasta sangat diperlukan,” kata Mendag saat memberikan sambutan pada pembukaan ASEAN Business & Investment Summit (ABIS) 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (3/9/2023).

Hadir pada pembukaan ABIS 2023, di antaranya Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) yang juga Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid,  Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn, Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik (ESCAP) Armida Salsiah Alisjahbana, dan Mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Mendag mengatakan kepemimpinan Indonesia di ASEAN, pemerintah dan sektor swasta di setiap negara anggota didorong untuk  menjalin kerja sama erat untuk membangun bukan hanya di masing-masing negara, tetapi juga kawasan.

Langkah  ini sesuai  misi ASEAN-BAC untuk mempromosikan ASEAN Incorporated, yang mendorong sektor publik dan swasta bekerja sama secara erat untuk membangun kawasan ASEAN.

No Comments

    Leave a Reply