Presiden Bertemu Ketua Parlemen Thailand, Malaysia, dan Laos.

August 8, 2023

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani menerima kunjungan kehormatan ketua parlemen tiga negara ASEAN  di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/8/2023). Mereka adalah Ketua Parlemen Thailand, Malaysia, dan Laos.

“Yang dibahas sebagian besar adalah mengenai masalah ASEAN. Pertama tentunya menekankan kembali arti penting dari kredibilitas dan kesatuan ASEAN,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Presiden Jokowi dan para ketua parlemen sepakat mengenai pentingnya sentralitas ASEAN, terutama dalam menangani isu-isu di kawasan.

“Selama 56 tahun, ASEAN telah berhasil membuktikan sebagai kontributor perdamaian dan stabilitas kawasan,” imbuh Retno.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya ASEAN untuk terus mendorong implementasi Lima Poin Kesepakatan atau Five Point of Consensus terkait isu Myanmar.

“Bapak Presiden di dalam pertemuan dengan tiga speakers dari Thailand, Malaysia, Laos menyampaikan pentingnya ASEAN terus mendorong Myanmar, terutama dari pihak junta militer, untuk mengimplementasikan Five Point of Consensus,” kata Menlu.

No Comments

    Leave a Reply