Indonesia Sahabat Sejati AS, Dubes Rosan: Bukti Tidak Terbantahkan

August 26, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) yang juga Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Perkasa Roeslani mengatakan,  Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan, pembelian alutsista, investasi, dan perdagangan dengan AS. Dikatakan bahwa Indonesia sebagai sahabat sejati AS adalah bukti yang tidak terbantahkan.

“Indonesia adalah sahabat sejati. Kerja sama yang terus meningkat dalam bidang pertahanan dan alutsista serta investasi dan perdagangan adalah bukti yang tidak terbantahkan,” kata Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (26/8/2023).

Ia mengatakan, eratnya persahabatan Indonesia-AS tercermin pada pertemuan bilateral antara Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin di Pentagon, Amerika Serikat. Pada pertemuan yang berlangsung akrab, Dubes Rosan mendampingi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

“Saya turut mendampingi dalam pertemuan bilateral dengan Menhan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di Pentagon, Amerika Serikat,” jelas Dubes Rosan. 

Ia mengatakan, Menhan  Prabowo secara eksplisit  menyampaikan apresiasi atas  kesediaan AS   menerima Taruna TNI melalui beasiswa  lembaga bergengsi, seperti The US Military Academy West Point (USMA), The US Naval Academy Annapolis (USNA) dan The US Air Force Academy Colorado (USAFA).

“Total tujuh kader telah diterima di akademi angkatan bersenjata AS dengan beasiswa selama Pak Prabowo menjabat. Ini merupakan pertama dalam sejarah RI,” jelas Dubes Rosan.

Disebutkan, pertemuan selain membahas kekuatan pilar pertahanan Kemitraan Strategis Indonesia – Amerika Serikat juga isu geopolitik dan keamanan global yang perlu tetap stabil dan kondusif.

“Pak Prabowo juga memberikan penekanan untuk terus meningkatkan persahabatan Indonesia – Amerika dalam prinsip keadilan, kesetaraan dan saling menghormati,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply