AS-Indonesia Pererat Hubungan Bilateral di Bidang Pertahanan

August 26, 2023

BRIEF.ID – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Republik Indonesia mengeratkan hubungan bilateral, khususnya di bidang pertahanan.

Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin usai menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia  Prabowo Subianto di Pentagon, Amerika Serikat, Jumat (25/8/2023). Pada pertemuan itu, Menhan Prabowo didampingi Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani.

“Saya melakukan percakapan yang menyenangkan dengan Menteri Pertahanan Prabowo   mengenai kekuatan hubungan pertahanan bilateral, kesamaan pandangan kita mengenai masalah keamanan regional, dan pentingnya ASEAN bagi keamanan dan kemakmuran Indo-Pasifik,” kata Menhan Austin melalui akun Twitter @SecDef.

Menhan  Austin dan  Menhan Prabowo juga membahas komitmen Amerika Serikat dan Indonesia sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia tentang supremasi hukum dan profesionalisasi angkatan bersenjata.

Kedua pemimpin  menyoroti, untuk pertama kalinya pada tahun ini,  keikutsertaan taruna Indonesia di akademi dinas TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Menhan Prabowo menyampaikan apresiasinya atas pendidikan lebih dari 7.000 personel militer dan warga sipil Indonesia di Amerika Serikat, serta dana pelatihan dan pendidikan yang telah diberikan kepada pelajar Indonesia  oleh Amerika Serikat, yang berjumlah lebih dari US$130 juta sejak tahun 1970.

“Kedepan, sebagai bagian dari upaya profesionalisasi kami, Menteri Prabowo dan Menteri Austin berjanji untuk bekerja sama untuk mendorong praktik terbaik mitigasi kerugian sipil,” kata Menhan Austin.  

No Comments

    Leave a Reply