Bawaslu Persilakan Parpol Pasang Bendera dan Nomor Urut Sebelum Masa Kampanye

August 5, 2023

BRIEF.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengizinkan setiap partai politik (parpol) untuk memasang bendera dan nomor urut partainya sebelum masa kampanye dimulai pada 28 November 2023.

“Lalu, apa yang boleh di masa sosialisasi. Pertama, bendera partai dengan nomor urut partai itu boleh karena memang inilah esensi dari masa sosialisasi,” ujar Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty seperti diberitakan Antara, Sabtu (5/8/2023).

Ia menilai alat peraga sosialisasi berbeda dengan alat peraga kampanye sehingga alat peraga kampanye tidak boleh dipamerkan di publik sebelum masa kampanye dimulai.

“Alat peraga kampanye itu merujuk paling sedikit berisi visi misi program dan citra diri. Itu tidak boleh,” kata dia.

Bawaslu, lanjutnya, mengizinkan partai politik melakukan pertemuan internal secara terbatas selama masa sosialisasi. Disebutkan, syaratnya harus memberi informasi kepada KPU dan Bawaslu satu hari sebelum acara pelaksanaan.

“Makanya di jalan protokol ada bendera tidak masalah. Itulah sosialisasi, yang boleh itu bendera, nomor partai, pertemuan terbatas dengan cara memberi tahu dan tidak boleh ada seruan dan ajakan,” jelas Lolly.

Diketahui ketentuan dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, masa kampanye Pemilu 2024 dimulai dari 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Namun sebelum itu, para peserta pemilu diperbolehkan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tanpa ajakan untuk memilih.

No Comments

    Leave a Reply