Puan: Indonesia Penyeimbang ASEAN

August 5, 2023

BRIEF.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani mengatakan, Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 akan  fokus pada sentralitas posisi Indonesia sebagai penyeimbang di ASEAN serta  negara-negara lainnya.

“Tentu saja, paling utama bagaimana kemudian Indonesia bisa menyuarakan sentralitas posisi Indonesia di ASEAN ini, nantinya itu bisa kemudian menjadi penyeimbang antara negara-negara Eropa dengan negara-negara lain,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Ia menilai Sidang Umum AIPA Ke-44 menjadi sarana penting bagi kepemimpinan Indonesia di ASEAN untuk menyuarakan berbagai isu regional di tingkat internasional.

“Menjadi sarana yang sangat penting pascapandemi bahwa keketuaan Indonesia di ASEAN ini diharapkan nantinya akan menjadi leaders atau pemimpin bagi ASEAN dalam menyampaikan suara ASEAN di dunia internasional,” tuturnya.

Indonesia, lanjutnya,  menjadi presidensi pada gelaran AIPA 2023, setelah memegang Keketuaan ASEAN  2023. Sebagai Presiden AIPA ke-44  adalah parlemen Indonesia dan  KTT ASEAN akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi  pemerintah dan legislatifnya tahun ini menjadi presiden dari KTT ASEAN. Kalau kami (DPR)  ASEAN Parliamentary-nya,” katanya.

Selain itu,  akan banyak isu-isu sentral yang dibahas pada Sidang Umum AIPA Ke-44, mulai dari ekonomi, sosial, energi terbarukan, hingga isu global.

“Juga masalah sosial dan ekonomi, ibu dan anak, kesejahteraan perempuan pascapandemi, pendidikan anak itu akan menjadi satu isu penting yang akan dibicarakan pada sidang AIPA yang akan datang,” jelas Puan.

Selain itu,  pembahasan terkait konflik di Myanmar agar “Five-Point Consensus” diimplementasikan oleh negara itu, sebagaimana yang menjadi komitmen parlemen maupun negara-negara ASEAN.

DPR RI akan menjadi Tuan Rumah Sidang Umum AIPA Ke-44 yang akan diselenggarakan di Jakarta mulai 5 hingga 11 Agustus 2023. AIPA General Assembly ke-44 yang diselenggarakan pada 5-10 Agustus 2023  mengusung Tema “Responsive Parliaments for A Stable and Prosperous ASEAN” atau “Parlemen yang Responsif untuk ASEAN yang Stabil dan Sejahtera”.

Selain Indonesia, Sidang Umum AIPA Ke-44 akan dihadiri sembilan ketua parlemen negaranegara ASEAN, perwakilan 17 negara observer dan tamu, serta perwakilan sembilan organisasi internasional dengan total 568 delegasi yang diperkirakan hadir sebagai peserta.

No Comments

    Leave a Reply