Presiden Jokowi: Karisma Event Nusantara 2023 Jadi Magnet Kunjungan Wisatawan Manca Negara

January 29, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, diperlukan kolaborasi dan kerja bersama yang berkesinambungan untuk memperbaiki kualitas destinasi pariwisata, memperbanyak atraksi, dan event-event  menarik yang menampilkan beragam inovasi serta kreativitas yang dapat  meningkatkan daya saing industri pariwisata Indonesia di pentas internasional. Tahun 2023, pemerintah menargetkan 7,4 juta kunjungan wisatawan manca negara.

“Tahun ini terdapat 110 Kharisma Event Nusantara, 65 event olah raga, musik, dan kalender kegiatan kreatif dari seluruh Indonesia yang menjadi magnet untuk menarik sebanyak-banyaknya kunjungan wisatawan Nusantara dan manca negara untuk datang dan menikmati keunikan di seluruh Tanah Air,” kata Presiden Jokowi pada peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023 di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, yang dipantau secara daring, Minggu  (29/1/2023).

Tarian Nusantara

Terdapat 6 area aktivasi interaktif KEN 2023, yaitu  pertunjukan seni dan budaya, mini show event, workshop kriya dan demo masak, dan pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

KEN 2023 juga dimeriahkan  sejumlah  pegiat seni dan seniman musik dari berbagai daerah di antaranya, Aceh Culinary Festival, Banjarmasin Sasirangan Festival, Bogor Street Festival, Festival Babukung, Festival Pacu Jalur, Festival Rujak Uleg, Festival Tabut, Festival Tenun Ulos & Fashion, dan Jember Fashion Carnaval.

Sejumlah musisi juga memeriahkan acara ini,  seperti Vina Panduwinata, Hilux, James Adam & Five In, Keysha Aditya & Devina Anindita, Jemimah Cita,  Onframe Dancers, Lalahuta, Suara Kayu, Febrian, Recycle Experience & Mannequin Plastic, Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD), dan Jakarta International Photo Festival.

Hadir pada peluncuran, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura, Ketua Komite Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Hayono Isman,  dan para bupati/wali kota se Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

Presiden Jokowi mengatakan, tahun 2023  akan menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia menyusul dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pada 30 Desember 2022. Pemerintah, lanjutnya, juga telah meluncurkan Gerakan Nasional  Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI) untuk mengajak lebih banyak masyarakat berwisata di dalam negeri, sehingga pertumbuhan wisatawan Nusantara meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Waktu yang sangat baik untuk bangkit, menggenjot sekencang-kencangnya pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia,” kata Presiden   Jokowi.

Ia meyakini event-event unik dengan spirit keberlanjutan ini akan menjadi promosi yang baik untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata wisatawan Nusantara dan  manca negara.

“Saya yakin dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan, mulai dari pembenahan fasilitas dan infrastruktur pariwisata, kemudahan  transportasi dan konektivitas, serta kesiapan sumber daya manusia,  akomodasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit dan  lebih kuat,” kata Presiden  Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply