Tahun Baru 1445 Hijriah, Muhadjir Effendy Ajak Masyarakat Lakukan Transformasi Nilai Hijriah

July 19, 2023

BRIEF.ID –  Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK)  Muhadjir Effendy mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan transformasi nilai hijrah pada momentum Tahun Baru 1445 Hijriah.

Dia menyebutkan hal itu akan mendorong Indonesia menuju baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur (sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya).

“Transformasi nilai hijrah artinya memindahkan nilai hijrah. Terdapat dua nilai hijrah yakni hijrah nafsiah (jiwa) dan amaliah (perbuatan),” katanya pada acara Gebyar Hijriah Tahun Baru Islam 1445 H Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (19/7/2023).

Muhadjir menjelaskan hijrah nafsiah dan amaliah dapat dicapai dengan bermuhasabah dan menjauhi dari apapun yang dilarang oleh Allah SWT (subhanahu wa ta’ala). Dengan menjauhi diri dari yang dilarang-Nya, maka secara tidak langsung setiap individu juga melakukan apa yang diperintahkan-Nya.

“Bayangkan kalau kita bermuhasabah sekali saja sudah bermanfaat, apalagi setiap tahun kita manfaatkan momentum ini untuk berhijrah,” ujarnya.

Menurut Muhadjir, masyarakat perlu berintrospeksi diri, termasuk diantaranya dalam hal penggunaan gawai untuk hal-hal yang tidak semestinya.

“Sekarang tangan tidak harus memukul, dengan memencet tombol saja kita sudah dapat menghancurkan karakter moral saudara kita,” tuturnya.

Ia berharap seluruh masyarakat dapat mentransformasi nilai hijrah pada setiap individu masing-masing demi mewujudkan Indonesia yang sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa.

No Comments

    Leave a Reply