Antisipasi Fenomena El Nino,Presiden Jokowi: Perbanyak Gelaran Pasar Murah  

July 25, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran pemerintah  pusat maupun daerah memperbanyak kegiatan pasar murah untuk mengantisipasi  fenomena iklim El Nino.

“Saya telah memerintahkan kepada BUMN, juga kepada  seluruh gubernur, bupati, dan wali kota untuk memperbanyak pasar-pasar murah di daerah. Sebanyak-banyaknya,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers  usai meninjau Pasar Rakyat  di Lapangan Rampal, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur,  Senin (24/7/2023) sore.

Selain pasar murah,  Presiden Jokowi juga memerintahkan jajaran pemerintah  daerah yang memiliki anggaran untuk meningkatkan jumlah pemberian bantuan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.  El Nino, lanjutnya, merupakan fenomena iklim yang tidak bisa diprediksi sehingga dibutuhkan langkah-langkah pencegahan terhadap dampak yang akan ditimbulkan.

“Kita berharap kita bisa mendahului agar apabila nanti El Nino datang masyarakat tidak kaget karena memang panasnya bisa mengganggu kesehatan, yang kedua pangan juga bisa terganggu kalau betul terjadi,” ujarnya. 

Disebutkan,  saat ini beberapa negara telah mengalami dampak El Nino, di antaranya India dan Vietnam yang sudah tidak lagi melakukan ekspor beras.

“Kita tidak berharap kejadian itu terjadi di negara kita sehingga semuanya memang harus dipersiapkan,” kata Presiden Jokowi.

Mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peninjauan, adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

No Comments

    Leave a Reply