Mulai 1 Januari 2024, Diberlakukan Vaksinasi Covid-19 Berbayar

July 25, 2023

BRIEF.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan,  pemerintah akan memberlakukan vaksinasi Covid-19 berbayar mulai 1 Januari 2024. Pembiayaan pemerintah  menggratiskan program vaksinasi Covid-19 akan berakhir pada 31 Desember 2023.

“Kami diminta sampai akhir tahun ini (biaya vaksinasi) masih ditanggung negara,” kata Menkes usai menghadiri Rapat Koordinasi Stunting di Balai Kota Jakarta, Senin (24/7/2023).

Ia mengatakan, kelompok masyarakat berisiko tinggi dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan akan dikecualikan dari ketentuan vaksinasi Covid-19 berbayar mulai awal 2024.

“Kebijakan pemerintah arahnya jika ini berisiko tinggi dan dia sudah dicover BPJS Kesehatan, dia masuk ke situ. Kalau belum, masih beli sendiri normal seperti layanan kesehatan lainnya,” katanya.

Vaksinasi Covid-19 tetap dibutuhkan meskipun Indonesia telah memasuki era endemi yang diumumkan Presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2023. Tujuannya, agar mencegah penularan Covid-19 serta terhindari dari gejala berat saat terinfeksi, sehingga tidak perlu menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

“Ini sama seperti meningitis, kalau untuk di rutin itu masih perlu diberikan, diberikan ke siapa?, ya orang-orang yang berisiko tinggi,” katanya.

No Comments

    Leave a Reply