Pemerintah Uzbekistan Berencana Membangun Soekarno Memorial Library di Kompleks Makam Imam Bukhari

June 27, 2023

BRIEF.ID – Putri sulung Presiden Pertama RI Soekarno, Megawati Soekarnoputri, mengapresiasi usulan Wakil Presiden (Wapres)  Ma’ruf Amin untuk membangun  Soekarno Memorial Library di kompleks makam Imam Bukhari di Kota Samarkand, Uzbekistan.

Wapres  menyampaikan langsung usulan itu kepada Megawati dalam acara puncak Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (24/6/2023).

“Kemarin (Sabtu, 24 Juni 2023) saya ketemu Ibu Mega  di GBK, saya sampaikan usulan itu. Ibu Mega juga senangsekali,” kata Wapres di sela kunjungan kerja di Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (26/6/2023).

Wapres mendapat kabar bahwa Megawati juga diundang ke Samarkand berkaitan dengan usulan itu.

“Ibu Mega juga diundang ke sana, mungkin akan ke sana. Mudah-mudahan. Sebab Bung Karno sangat dikenal di Uzbekistan,” jelasnya.

Beberapa waktu lalu Wapres melakukan kunjungan kerja ke Uzbekistan. Selain  meningkatkan kerja sama kedua negara, dalam kunjungan itu Wapres juga berziarah ke makam perawi hadis Rasulullah Imam Bukhari di Samarkand.

Berdasarkan informasi, makam Imam Bukhari ditemukan berkat dorongan Soekarno.  Wapres mengusulkan kepada Perdana Menteri Uzbekistan dan Gubernur Samarkand agar dibangun Soekarno Memorial Library, yakni semacam perpustakaan untuk mengenang Bung Karno di sana.

Usulan Wapres itu dilandasi jasa Bung Karno atas penemuan makam Imam Bukhari, sekaligus juga karena sosok Bung Karno yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Pemerintah Uzbekistan sendiri menyambut baik usulan Wapres itu dan akan segera dibahas menteri kedua negara yang membidangi pariwisata.

No Comments

    Leave a Reply