Presiden Jokowi: Sensus Pertanian Memudahkan Pembuatan Kebijakan

May 15, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Sensus Pertanian Tahun 2023 harus menghasilkan data terkini yang akurat dan terpercaya sehingga memudahkan pemerintah membuat berbagai kebijakan, menghitung luasan lahan, dan kebutuhan pupuk.

Apalagi Sensus Pertanian tidak  hanya menyangkut urusan pertanian, tetapi perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan.

“Sekali lagi, saya mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023  agar sensus ini betul-betul menghasilkan data  terkini yang akurat dan terpercaya. Dan,  sensus pertanian ini menyangkut pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan,” kata Presiden Jokowi pada pencanangan pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Presiden Jokowi mengatakan,  Sensus Pertanian tidak hanya dilakukan Indonesia, juga banyak negara di dunia. Sebab, berdasarkan hasil sensus, pemerintah akan mengetahui sejauh mana  peran strategis sektor pertian  mendukung  perekonomian nasional.

“Sensus Pertanian memiliki peran yang sangat strategis. Data yang ada di saya menyebutkan sektor pertanian menyumbang 11,8% terhadap total produk domestik bruto (PDB) kita, besar sekali,” jelas Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply