TNI AL Kerahkan 4 Unit KRI Amankan Perairan Jakarta

May 15, 2023

BRIEF.ID – TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan sejumlah unsur untuk mengamankan pelaksanaan penanaman mangrove  yang akan dilakukan Presiden  Joko Widodo (Jokowi) dan peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang akan dipimpin  Wakil Presiden (Wapres)  Ma’ruf Amin, di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu,  Senin (15/5/2023)/

Dua unit KRI jenis Patroli Cepat 60 meter dan dua KRI jenis Kapal Cepat Rudal, yaitu KRI Kujang 642, KRI Karotang  872, KRI Barakuda 814, KRI Siwar 646 ditambah  Sea Raider dari pasukan elite TNI AL (Denjaka, Kopaska, dan Taifib) akan mengawal bergeraknya KAL Yudistira ke lokasi kegiatan, sekaligus mengamankan wilayah perairan selama peresmian berlangsung, yang selanjutnya dilaksanakan penanaman mangrove  oleh Presiden Jokowi di Pantai Indah Kapuk.

Penanaman mangrove adalah salah satu upaya  menjaga keseimbangan ekosistem pantai yang bermanfaat untuk menjaga kelestarian hutan mangrove, sehingga mampu menahan abrasi, penghasil oksigen dan melindungi garis pantai serta dengan akarnya yang kuat mampu menjadi penyaring air laut. 

Peresmian Kampung Bahari Nusantara  merupakan program  TNI Angkatan Laut yang bertujuan menciptakan kondisi juang tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan masyarakat pesisir dengan membangun klaster bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan pertahanan.

Sebanyak 68 Program Kampung Bahari Nusantara akan diresmikan secara serentak diseluruh Satuan Komando Wilayah TNI AL di tanah air oleh Wapres, yang dipusatkan di Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Secara  terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan.

“TNI AL akan selalu siap dalam melaksanakan tugas yang diberikan dengan meningkatkan kesiapan operasional baik alutsista maupun satuan operasi,” kata KSAL.

No Comments

    Leave a Reply