Presiden Jokowi: Manfaatkan Momentum May Day  Perluas Kesempatan Kerja

May 1, 2023

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo mengajak segenap pemangku kepentingan untuk memanfaatkan momentum peringatan  Hari Buruh Internasional 2023 atau May Day  untuk memperluas kesempatan kerja.

Ajakan itu disampaikan Presiden Jokowi  melalui tayangan ucapan selamat Hari Buruh Internasional 2023 dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dan disiarkan kanal Youtube  Sekretariat Presiden, Senin (1/5/2023).

“Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing nasional,” katanya.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya melanjutkan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia, baik melalui pengembangan pendidikan vokasional maupun peningkatan keterampilan tenaga kerja.  

Ia mencontohkan program prakerja dan balai latihan kerja yang selama ini dilakukan Pemerintah, industri, serta masyarakat umum sebagai salah satu langkah yang harus terus dipertahankan.

“Upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja terus dilakukan melalui program prakerja, serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri,” kata dia.

Di sisi lain, lanjut Presiden Jokowi,  Pemerintah terus berusaha meningkatkan jumlah investasi dari dalam dan luar negeri. Pasalnya hal itu diyakini dapat memperluas kesempatan kerja, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja di Indonesia. “Sekali lagi, Selamat Hari Buruh Internasional 2023,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply