Luhut Pimpin Task Force Percepatan Realisasi Investasi di IKN

May 15, 2023

BRIEF.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan akan memimpin tim satuan tugas (task force) khusus untuk mempercepat realisasi investasi di Ibu Kota Nusantara  (IKN).

Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan task force  dibentuk untuk meningkatkan koordinasi antara Otorita IKN dengan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait percepatan investasi di IKN Nusantara.

“Untuk peningkatan koordinasi antara OIKN dan para K/L disertai dengan identifikasi masalah yang  komprehensif, rencana kerja dan target penyelesaian yang jelas,” kata Jodi seperti dilansir Antara, Senin (15/5/2023).

Sebelumnya, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengungkapkan, pemerintah membentuk task force khusus untuk mengkoordinasi  antarkementerian dan lembaga untuk mempercepat investasi di IKN.

“Dibentuk juga tim task force khusus yang diketuai Menko Marves Pak Luhut yang akan mengkoordinasi interdept dan juga semua lembaga terkait sehingga proses percepatan investasi di IKN dapat berjalan lebih baik dan efisien lagi,” kata Bambang saat memberikan keterangan pers usai menghadiri rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) khusus membahas tentang penanganan investasi di IKN.

Pemerintah, lanjut Bambang, juga akan membentuk tim task force di bidang pertanahan. Hal itu dilakukan agar lahan yang ditawarkan kepada investor sudah clean and clear.

“Jadi yang akan ditawarkan kepada investor adalah tanah-tanah yang sudah matang dan kita ketahui harganya sehingga mereka bisa langsung menghitung berdasarkan kondisi topografi, geologi, akses, dan sebagainya,” jelasnya.

Bambang berharap kejelasan tentang status tanah  akan membuat investor IKN bisa merumuskan rencana bisnis yang lebih tajam. Di samping itu, investor juga bisa mendapatkan harga paling baik dilandasi oleh data dan informasi terkini.

No Comments

    Leave a Reply