Citra Polri Mulai Pulih

May 22, 2023

BRIEF.ID – Setelah sempat terpuruk di angka 49% pada Oktober 2022, citra Polri kini membaik. Berdasarkan  survei “Kompas,”  Mei 2023, sebanyak 61,6% responden menilai positif citra Polri. Kepercayaan ini perlu terus dijaga.

Citra Polri yang sempat anjlok di dua periode survei Litbang Kompas (Oktober 2022 dan Januari 2023) tidak terlepas dari rentetan kasus yang menimpa Korps Bhayangkara. Keterlibatan sejumlah anggota Polri dalam Tragedi Kanjuruhan, kasus Ferdy Sambo, dan kasus penyalahgunaan barang bukti narkoba yang melibatkan bekas Kepala Polda Sumatera Barat Inspektur Jenderal Teddy Minahasa menjadi rangkaian peristiwa yang mencoreng citra Polri.

Masyarakat kecewa sehingga berbuntut pada rendahnya penilaian publik atas kinerja Polri.

Keraguan publik dijawab Polri dengan melakukan penindakan dan pengawalan dalam kasus-kasus tersebut. Komitmen untuk berbenah akhirnya memberi dampak positif dengan meningkatnya citra Polri ke angka 62% pada Mei 2023. Hasil itu berdasarkan survei Litbang Kompas yang dilakukan periodik melalui wawancara tatap muka pada 29 April-10 Mei 2023 kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Dibandingkan dengan hasil survei Januari 2023, citra Polri tercatat naik 11,7%. Kenaikan ini terbilang tinggi. Polri menjadi satu-satunya institusi yang memperoleh kenaikan di atas 10% dibandingkan dengan 12 lembaga lainnya yang dimasukkan dalam survei Kompas. Sebagai catatan, pada Mei 2023 kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di bidang penegakan hukum turut naik menjadi 59% dibandingkan dengan 55% pada Januari 2023.

Capaian ini tentu memberi angin segar sekaligus bentuk afirmasi publik terhadap ikhtiar Polri untuk terus berbenah. Sebelumnya, citra Polri pernah menunjukkan tren baik dalam beberapa periode survei Kompas terdahulu. Mulai dari Agustus 2020 hingga Januari 2022, citra Polri mendapat apresiasi baik, konsisten di atas angka 70%.

Perolehan citra Polri paling tinggi diraih pada periode April 2021 (78,7%) ketika banyak anggota turun ke lapangan menanggulangi dampak pandemi Covid-19 di tengah masyarakat. Pengawalan bantuan sosial, penyediaan fasilitas umum, dan pengawasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang tegas di sejumlah daerah berhasil memberi citra positif bagi Polri.

Upaya berbenah

Aspek humanis itulah yang dapat dikatakan sebagai salah satu kunci keberhasilan Polri dalam memperbaiki citra di tengah masyarakat. Pandangan publik terhadap citra Polri yang membaik kali ini tidak dapat dilepaskan dari keberhasilan Polri yang aktif terjun mengawal jalannya mudik Lebaran bulan lalu. Masyarakat menilai anggota Polri mampu mengatur lalu lintas, menjamin keamanan, hingga membantu pemudik dalam perjalanan.

Keberhasilan itu juga terbukti dengan turunnya jumlah kecelakaan lalu lintas selama Lebaran 2023. Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri Brigadir Jenderal (Pol) Aan Suhanan melaporkan terjadi penurunan 19 persen kecelakaan lalu lintas dari arus mudik Lebaran sebelumnya. Adapun pada periode mudik 2023 terdata ada 1.457 kasus kecelakaan lalu lintas.

Di tataran organisasi, Polri memulai tekadnya berbenah dengan sikap Kepala Polri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang meminta maaf atas kinerja, pelayanan, dan perilaku buruk anggota Polri yang mencoreng marwah institusi. Polri berjanji mengusut tuntas ketiga kasus besar yang terjadi tahun lalu yang kini satu per satu terlihat progresnya.

Untuk kasus bekas Kepala Divisi Propam Polri Ferdy Sambo, Polri telah melakukan sidang etik kepada tujuh anggota dan eks anggota serta menjatuhkan sanksi sesuai derajat kesalahannya. Berikutnya kasus narkoba, bekas Kapolda Sumbar Teddy Minahasa telah divonis hukuman seumur hidup oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat. (kompas.id)

No Comments

    Leave a Reply