Presiden Jokowi: Timor Leste Secara Prinsip Diterima Sebagai Anggota ASEAN

February 13, 2023

BRIEF.ID –  Presiden  Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik Republik Demokratik Timor Leste yang secara prinsip diterima  sebagai anggota ASEAN.

ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, dan saat ini beranggotakan 10 negara, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

“Saya senang bahwa Timor Leste secara prinsip telah diterima sebagai anggota ASEAN,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama  Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2/2023).

Presiden Jokowi mengatakan pada pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, yang diselenggarakan 3-4 Februari 2023, Menteri Luar Negeri Timor Leste Adaljiza Magno telah berpartisipasi sebagai observer atau peninjau dalam pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council/ACC) di Jakarta.

“Sesuai hasil KTT ASEAN di Pnom Penh, Timor Leste secara prinsip telah diterima sebagai anggota ASEAN. Roadmap untuk keanggotaan penuh sedang dipersiapkan, yang dipimpin oleh Indonesia sebagai Ketua ASEAN Tahun 2023,” katanya.

Presiden Jokowi juga secara khusus  mengucapkan selamat datang kepada PM Taur  beserta para delegasi, dan menyampaikan bahwa pada pada Juli 2022, ia juga telah menerima kunjungan Presiden Timor Leste Ramos Horta.

Kepala Negara berharap intensitas kunjungan pemimpin Timor Leste menunjukkan komitmen untuk terus mempererat hubungan dan kerja sama di antara RI-Timor Leste.

“Selamt datang kembali ke Indonesia, PM Taur Matan Ruak. Saya masih ingat kunjungan Yang Mulia  ke Indonesia pada tahun 2014 dan 2015 sebagai Presiden Timor Leste. Tahun lalu, Indonesia juga menerima kunjungan Presiden Ramos Horta. Intensitas kunjungan ini mencerminkan untuk terus memperkuat kerja sama di antara kita,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply