Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Kenegaraan PM Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor

February 13, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2/2023).

PM Taur  yang menjabat sebagai PM Timor Leste,  22 Juni 2019 sebelum ke Istana Kepresidenan Bogor, terlebih dulu melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Timur. Ia tiba di Indonesia, pada 11 Februari 2023 dan berada di Jakarta, pada 12 Februari 2023.

Sesuai tradisi yang dibangun Presiden Jokowi, kedatangan PM Taur disambut pasukan, yang terdiri atas pasukan berkuda, pasukan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia, dan korps musik di pintu gerbang Istana Kepresidenan Bogor.

Presiden Joko Widodo bersama PM Timor Leste memeriksa pasukan saat digelar upacara penyambutan kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2/2023).

Sementara itu, Presiden Jokowi yang mengenakan setelan jas warna hitam gelap  menanti kedatangan  tamu negara itu di depan Istana Kepresidenan Bogor.

Kedua pemimpin langsung bersalaman akrab dan selanjutnya, Presiden Jokowi selaku tuan rumah mengajak tamunya untuk mengikuti upacara penghormatan kenegaraan di Halaman Depan Istana Kepresidenan Bogor. Tembakan kehormatan 21 kali juga dilakukan pasukan pengaman Presiden (Paspampres).

Pada saat digelar upacara penyambutan,  diperdengarkan lagu kebangsaan Palestina “Patria”  dan lagu kebangsaan Republik Indonesia “Indonesia Raya.”

Setelah itu, Presiden Jokowi mengajak PM Taur untuk melakukan inspeksi pasukan dan selanjutnya memperkenalkan jajaran pejabat tinggi negara  yang mendampinginya.

Tampak Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mendikbud Ristekdikti Nadiem Makarim, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Setelah saling memperkenalkan jajaran pejabat pendamping, Presiden Jokowi mengajak tamunya menuju Ruang Teratai di Istana Kepresidenan Bogor, untuk melakukan sesi foto bersama dan menandatangani Buku Tamu.

Selanjutnya,  Presiden Jokowi bersama  tamunya menuju veranda Istana Bogor untuk melakukan perbincangan singkat. Setelah itu, kedua pemimpin  berjalan menuju halaman belakang Istana  Bogor untuk  melakukan penanaman pohon  Cendana. Penanaman pohon rutin dilakukan pada setiap kunjungan tamu negara di Indonesia.

Setelah itu, digelar pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia yang dipimpin Presiden Jokowi dan delegasi Timor Leste. Kedua pemimpin juga dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan 14 Nota Kesepahaman, yang dilakukan pejabat kedua negara.

No Comments

    Leave a Reply