Kenakan Kets Khas Tenun Bali, Jokowi: Wah, Kayak Anak 17 Tahun

February 3, 2023

BRIEF.ID – Wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat berbunga-bunga. Hatinya  sangat senang ketika mengenakan kets khas tenun Bali, saat berkunjung ke  Sentra Tenun Jembrana, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Kamis (2/2/2023) sore.

Adalah  Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang berhasil merayu Presiden Jokowi untuk melihat-lihat sepatu tenun di salah satu sudut ruangan. Tanpa berpikir panjang, Presiden Jokowi yang terkenal sangat senang mengenakan produk dalam negeri, langsung memilih untuk mencoba sepasang sepatu bernuansa warna coklat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjajal kets tenun khas Bali.

Begitu melihat ke rak yang berada di salah satu sudut sentra tersebut, mata Presiden Jokowi tertuju pada  puluhan pasang sepatu yang tersusun rapi di rak. Ia sempat memilih beberapa pasang sepatu sambil melihat detail bentuk dan motifnya. Namun pencarian itu terhenti pada sepasang sepatu kets tenun berwarna dominan coklat.

Tanpa menunggu lama, ia kemudian mencoba sepatu itu sambil duduk bersebelahan dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba (tengah), Gubernur Bali I Wayan Koster (tengah), dan Presiden Joko Widodo (kanan) saat berbelanja kets tenun khas Bali.

“Wah kayak anak 17 tahun,” ucap Presiden. Ibu Iriana pun tersenyum. “Pas,” kata Presiden saat memakai sepatu tersebut.

Presiden Jokowi akhirnya memutuskan untuk membeli sepatu tersebut. Alas kaki yang dipilih Presiden merupakan jenis sepatu kets yang biasa dipakai baik untuk olahraga maupun untuk kegiatan sehari-hari. Sepatu tersebut berbahan sol karet yang bagian atasnya dipadupadankan dengan kain tenun dengan corak tenun khas Bali.

Melihat hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tak mau kalah. Ia juga  turut menjajal sepasang sepatu tenun khas Bali.

“Saya ambil ini,” ucap Basuki kepada pramuniaga di sentra tersebut. Tak lama setelah membayar, Basuki menenteng kantong berisi sepatu barunya. “Ini saya juga beli,” ucap Basuki kepada Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang  tersenyum menyaksikan aksi  Menteri Basuki menenteng  sebuah kantong berisi sepasang sepatu.

Sebelum meninggalkan sentra tenun, Kepala Negara menyampaikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah mengembangkan industri kreatif di Bali, khususnya Kabupaten Jembrana.

“Saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh Pak Bupati dan didukung oleh Pak Gubernur Bali dalam mengembangkan tenun, songket, untuk pengembangan industri-industri kecil kain tenun dan songket yang ada,” ujar Presiden.

Hadir pada kesempatan itu,  diantaranya Gubernur Bali I Wayan Koster dan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

No Comments

    Leave a Reply