Hari Ini, Presiden Jokowi Bertemu Menlu se-ASEAN di Istana Merdeka

February 3, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini di Istana Merdeka, Jakarta dijadwalkan menggelar pertemuan dengan para menteri luar negeri (Menlu) negara-negara ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN,  Dato Paduka Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam.

Para menlu negara-negara ASEAN berada di Indonesia dalam rangka menghadiri  rangkaian pertemuan para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Foreign Ministers’Retreat/AMM) di Sekretariat ASEAN, Jakarta,  2-4 Februari 2023.

Menlu RI Retno Marsudi yang  memimpin AMM Retreat yang menjadi pertemuan pertama para menlu ASEAN, pada masa keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023.

AMM Retreat akan diawali  Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Officials’ Meeting) ASEAN pada 2 Februari 2023, dan ASEAN Coordinating Council ke-32, pada 3 Februari 2023.

Rangkaian pertemuan itu  akan dibahas beberapa agenda, termasuk di antaranya prioritas keketuaan Indonesia dan tindak lanjut hasil-hasil KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 pada 2022.

Keketuaan Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.” Indonesia akan mendorong upaya kerja sama ASEAN yang semakin kuat dalam merespon berbagai tantangan kawasan dan global seperti rivalitas geopolitik, dampak berkelanjutan pandemi dan bencana alam, krisis keuangan, krisis energi, serta krisis pangan.

Indonesia juga terus bertekad menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik, melalui pendekatan paradigma kolaborasi.

Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on the Indo Pacific/AOIP) merupakan prakarsa Indonesia yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada Juni 2019 dan bertujuan untuk menjaga stabilitas kawasan melalui kemitraan, dialog, dan kerja sama.

No Comments

    Leave a Reply