Presiden Jokowi Raih Penghargaan Global Citizen Award

November 13, 2022

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Global Citizen Award 2022 yang diberikan Atlantic Council dari Amerika Serikat (AS)  pada penutupan Forum Ketahanan Pangan Dunia di Nusa Dua, Bali, pada Minggu malam (13/11/2022). 

“Pertama tama saya ingin menyampaikan terima kasih dan kehormatan luar biasa bagi saya atas penganugerahan Global Citizen Award  dari Atlantic Council,” kata Presiden Jokowi di Bali, Minggu (13/11/2022).

Ia mengaku  tidak pernah terpikir memperoleh penghargaan yang terhormat, sebab yang selama ini dilakukannya adalah  bekerja sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab demi nilai-nilai kemanusiaan.

“Sebagai negara majemuk yang terdiri dari 17.000 pulau, 1.340 suku bangsa dan 652bahasa lokal yang kita miliki, Indonesia mengajarkan nilai-nilai toleransi, nilai-nilai perdamaian, persatuan dan kerja sama,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi,  sebagai pemimpin yang suka turun ke kampung-kampung, ke desa-desa,  dan ke pasar-pasar tradisional, sangat mengetahui  kondisi rakyat kecil sehingga hal ini  mengajarkan kepadanya kesederhanaan dan kerentanan terhadap tantangan-tantangan.

Dikatakan,  kesulitan terbesar selalu dirasakan oleh mereka yang berada di bawah, yaitu  keluarga miskin dan  negara berpenghasilan rendah.

“Oleh  sebab itu saya selalu berusaha keras untuk memperjuangkan kepentingan rakyat kecil dan juga menyuarakan kepentingan negara-negara berpenghasilan rendah di berbagai forum. Dunia tidak bisa dibangun dengan rivalitas dan keserakahan, tapi harus dibangun dengan toleransi dan kerja sama yang saling menghormati yang saling menguntungkan,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan Presidensi Indonesia di G20 tahun ini dan Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023  dilandasi  semangat-semangat kerakyatan.

“Sekali lagi terima kasih atas penghargaan Global Citizen Award kepada saya. Ini akan semakin memotivasi saya dan pemerintah Indonesia untuk menjalankan tanggung jawab besar dan menjadi bagian dari solusi dunia. Terima kasih,” kata Presiden Jokowi.

Forum Ketahanan Pangan  merupakan bagian dari rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang diselenggarakan  Atlantic Council, sebuah lembaga nirlaba Amerika Serikat,  didukung  Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia,  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation, sebuah yayasan dari Amerika Serikat yang membantu masyarakat di seluruh dunia mengatasi berbagai permasalahan ketahanan pangan dan energi.

Presiden Jokowi menerima penghargaan ini atas kepemimpinannya dalam Presidensi G20 Indonesia, upaya perdamaian dunia melalui  kehadirannya di Ukraina dan Rusia, serta kerja sama penanggulangan dampak pascapandemi Covid-19.

No Comments

    Leave a Reply