HUT ke-51 PDI Perjuangan, Wapres: Kehadiran Parpol Bagian dari Sistem Demokrasi

January 10, 2024

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, kehadiran partai politik di Indonesia merupakan bagian tidak terpisahkan dari sistem demokrasi. Melalui partai politik, kemajemukan dalam demokrasi  ditampung dalam satu wadah sehingga partai politik berperan strategis dalam mengawal kemajuan bangsa di tengah pluralisme yang ada.

“Hal ini merupakan konsekuensi kita memilih demokrasi sebagai jalan menuju kesejahteraan dan membangunnya di atas kemajemukan. Oleh karena itu, partai politik memiliki peran sebagai kekuatan pemersatu bangsa di tengah kebhinekaan,” kata  Wapres pada Peringatan HUT ke-51 PDI  Perjuangan  di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan,  Lenteng Agung Raya,  Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Pada acara bertema “Satyam Eva Jayate” (Kebenaran Pasti Menang),  Wapres menyampaikan bahwa  melalui kehadiran partai politik  masyarakat memiliki tempat untuk menyuarakan berbagai gagasan, visi, dan misi. Dengan demikian,  keberagaman gagasan akan terus ada dan  saling mengisi untuk menjadikan Indonesia Maju ke depan.

“Indonesia membutuhkan partai politik yang kuat sebagai aset bangsa dalam meneguhkan demokrasi, memperkuat kesetaraan dan memperjuangkan keadilan. Kehadiran partai yang besar dan kuat merupakan keniscayaan dalam membangun negara Indonesia yang maju dan pluralis ke depan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Wapres  menyampaikan harapannya agar partai politik  di Indonesia dapat  melanjutkan semangat demokrasi, yang  diawali  pencetakkan kader partai yang andal dan berintegritas.

“Sekolah Partai milik PDI Perjuangan telah menjadi kawah candradimuka bagi para kader untuk menimba ilmu tentang politik dan praktiknya, sebelum terjun langsung menjadi politisi yang andal, profesional, dan berintegritas,” ungkapnya.

Wapres berharap agar momen peringatan HUT ke-51 PDI Perjuangan, dapat menjadi sarana bagi para pemimpin dan kader partai untuk mengevaluasi  kontribusi yang telah diberikan dan meneguhkan rencana-rencana pembangunan ke depan.

“Momen ini juga merupakan kesempatan untuk melakukan refleksi guna melihat kemajuan saat ini, serta upaya-upaya peningkatan pengabdian di masa mendatang. Semoga PDI Perjuangan terus memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

No Comments

    Leave a Reply