PYC Soft Launching Buku Rekam Jejak Satu Periode Sektor Pertahanan Negara 2009-2014

June 19, 2023

BRIEF.ID – Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) melakukan soft launching buku berjudul Rekam Jejak Satu Periode Sektor Pertahanan Negara 2009-2014 karya Prof Purnomo Yusgiantoro PhD di Jakarta, pada Jumat (16/6/2023).

Prof Purnomo adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, periode 22 Oktober 2009 hingga 20 Oktober 2014. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, pada 2000-2009.

“Beberapa waktu yang lalu, saya telah menyelesaikan Buku Rekam Jejak Dua Periode di Sektor Pertambangan dan Energi. Saya berterima kasih kepada rekan-rekan seperjuangan yang telah memberikan data dan informasi. Dalam perjalanannya, saya ingin menyelesaikan buku saya yang kedua Rekam Jejak Satu Periode Sektor Pertahanan Negara 2009-2014. Alhamdulillah, pada malam ini saya bisa me-launching buku tersebut,” kata Prof Purnomo didampingi Ibu Lis Purnomo Yusgiantoro.

Seperti yang ditulis pada buku sebelumnya terkait sektor pertambangan dan energi, Prof Purnomo mengaku belum yakin bahwa apa yang ditulisnya sudah mengungkapkan semua hal yang dijalaninya selama dua periode kepemimpinannya di sektor pertambangan dan energi, pada tahun 2000-2009.

“Sehingga saya membentuk Tim Reviewer, di antaranya Rachmat Sudibyo. Untuk kedua kali, saya melakukan soft launching. Saya akan me-launch tapi saya juga meminta kepada Tim Reviewer yang dulu bersama-sama seperjuangan di pertahanan negara,” jelas Prof Purnomo.

Buku itu berisi inspirasi dan perjalanan kisah Prof Purnomo selama menjabat Menteri Pertahanan RI.

“Tim Reviewer, saya minta untuk beberapa waktu. Saya mau memastikan betul bahwa buku ini sudah mencakup semua yang kita lakukan pada tahun 2009 akhir sampai tahun 2014 akhir. Tanpa dikurangi dan dilebih-lebihkan,” kata Prof Purnomo.

Ia berharap buku ini nantinya akan memberi manfaat dan menjadi referensi bagi banyak pihak, khususnya generasi muda untuk mempelajari proses perubahan dan reformasi serta faktor yang melatarbelakanginya.

“Judul bukunya sama, Rekam Jejak Satu Periode di Kementerian Pertahanan,” kata Prof Purnomo.

Hadir pada kesempatan itu,  Ibu Sinta Nuriyah Wahid, Gubernur Lemhanas Andi  Widjajanto , Pengusaha Low Tuck Kwong, Ketua Dewan Pengurus PYC Filda Yusgiantoro, beserta jajaran Dewan Pembina PYC Luky Yusgiantoro, Inka Yusgiantoro, dan Alex Wibowo.

No Comments

    Leave a Reply