Presiden Jokowi Ingin Pulang ke Solo

November 13, 2022

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah setelah masa jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia, berakhir pada tahun 2024 mendatang.

Ia mengaku akan hidup tenang di kota kelahirannya itu serta menjalani hari-harinya sebagai rakyat biasa.

“Saya akan kembali ke kota saya, Solo sebagai rakyat biasa,” kata Presiden Jokowi saat diwawancara Pemimpin Redaksi Majalah The Economist  Zanny Minton Beddoes di Bali, seperti diunggah di laman Youtube, Minggu (13/11/2022).  

Sebagai pemimpin negara berpenduduk 270 juta jiwa dan tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Presiden Jokowi dinilai sebagai  pemain kunci dalam menyelesaikan ketegangan geopolitik. Tetapi bagi banyak kalangan,  kepemimpinan Presiden Jokowi  begitu mengesankan.  

Ketika ditanya apa yang akan dilakukan di Solo sebagai rakyat biasa, Presiden Jokowi menyatakan akan aktif di bidang lingkungan hidup dan menghijaukan alam Indonesia.

“Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup. Kira-kira itu,” jelas Presiden Jokowi.

Sesungguhnya, rekam jejak Presiden Jokowi sangat mengesankan. Para pemimpin dunia  menghormati gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang bersahaja.

Kebersahajaan Presiden Jokowi terlihat dari peranannya  saat Indonesia  menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali, pada 15-16 November 2022. Saat ini, para pemimpin dunia, seperti Presiden Joe Biden sudah tiba di Indonesia untuk menghadiri KTT G20.

Sebelumnya, pada Juni 2022,  Presiden Jokowi menjalankan misi perdamaian di Ukraina dan Rusia. Saat itu, ia mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina.  Selanjutnya, ia bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia.

Di sisi lain,  Presiden Jokowi  juga dinilai memiliki komitmen kuat untuk meredakan ketegangan global lainnya, termasuk ancaman invasi Taiwan.

Presiden Jokowi juga konsisten menjalankan misinya di bidang  energi terbarukan di Indonesia. Sampai jumpa di Solo, Pak Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply