Jokowi Optimistis Pelabuhan Tanjung Ular Lancarkan Mobilitas CPO dan Timah

October 20, 2022

BRIEF,ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis keberadaan Pelabuhan Tanjung Ular nantinya akan memperlancar mobilitas komoditas crude palm oil (CPO) dan timah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Optimisme itu disampaikan saat meninjau perkembangan pembangunan pelabuhan yang kini hampir selesai.

“Siang hari ini, saya bersama-sama dengan Gubernur Bangka Belitung dengan Bupati Bangka Barat serta Sekretaris Kabinet, dan Menteri Perhubungan melihat progres pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular di Provinsi Bangka Belitung. Sudah selesai 99%, tinggal finishing akhir,” kata Presiden Jokowi.

Ia berharap keberadaan pelabuhan Tanjung Ular akan  memperlancar mobilitas komoditas, yang dihasilkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus meningkatkan daya saing wilayah itu.

“Kita harapkan dengan Pelabuhan Tanjung Ular ini nanti mobilitas barang, utamanya CPO dan timah bisa melalui Pelabuhan Tanjung Ular ini, sehingga ada daya saing yang baik bagi produk-produk, baik yang berasal dari Kabupaten Bangka Barat maupun dari Provinsi Bangka Belitung,” ujarnya.

Terkait pengelolaan Pelabuhan Tanjung Ular, lanjut Presiden Jokowi,  pada tahap awal akan dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelum diserahkan kepada pemerintah daerah.

“Di awal, manajemen oleh Kementerian Perhubungan, kemudian nanti pemda mendampingi. Apabila nanti dirasa sudah siap, kementerian mundur, diambil alih oleh pemerintah daerah. Saya kira memang yang baik di semua pelabuhan seperti itu, karena ini memang pelabuhan pengumpan,” kata Presiden Jokowi.

Mendampingi Presiden Jokowi pada kunjungan itu, diantaranya Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, dan Bupati Bangka Barat Sukirman.

No Comments

    Leave a Reply