News

Hari Ini, Presiden Jokowi Dikabarkan akan Lantik 4 Pejabat Negara, 2 di antaranya Menteri

April 28, 2021

Jakarta, 28 April 2021 – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju dan melantik empat pejabat negara, dua di antaranya posisi menteri pada hari ini, Rabu (28/4) pukul 15.00 WIB di Istana Negara.

Berdasarkan kabar yang beredar, empat pejabat negara yang akan dilantik Presiden Jokowi yakni Menteri Investasi, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Besok pelantikan (menteri) jam 15.00 WIB,” ujar sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Jokowi kabarnya akan melantik Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Adapun Nadiem Makarim akan dilantik menjadi Mendikbudristek.

Sementara itu, Laksana Tri Handoko yang saat ini menjabat Kepala LIPI dikabarkan akan dilantik menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sebelumnya, kandidat yang muncul ditengah-tengah publik adalah Bambang Brodjonegoro yang menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN.

Presiden Jokowi juga dikabarkan akan melantik Indriyanto Seno Adjie menjadi Dewan Pengawas KPK menggantikan Artidjo Alkostar yang meninggal beberapa waktu lalu.

Pelantikan dua menteri, satu kepala badan dan seorang dewan pengawas lembaga anti rusuah ini menjadi reshuffle jilid ke-2 yang dilakukan Jokowi pada periode kedua kepemimpinannya sebagai Presiden RI. Isu perombakan kabinet ini sendiri telah berhembus kencang di kalangan publik dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan pengamatan Brief.id, reshuffle kabinet yang dilakukan Jokowi selalu jatuh pada hari Rabu. Kabar yang beredar, Rabu pon yang merupakan tanggalan jawa, merupakan waktu favorit Jokowi untuk melakukan perombakan kabinet.

Pada saat Presiden Jokowi melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid 1, kepala negara melantik 6 menteri baru di Istana Negara, juga pada hari Rabu, tepatnya tanggal 23 Desember 2020.

Keenam menteri tersebut adalah, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Mohammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan serta Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi kreatif.