News

Mahfud MD: Kebersatuan Dalam Keberagaman Akan Maju

October 14, 2019

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila yang juga Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Mahfud MD berbicara mengenai Indonesia Emas di tahun 2045, yakni hanya dengan modal Kebersatuan dalam Keberagaman di sebuah acara dengan tajuk Bincang Seru Mahfud, Inspirasi, Kreasi dan Pancasila, yang berlangsung di Graha Widya Wisuda IPB, Dramaga, Kabupaten Bogor, Senin (14/10/2019).

“Indonesia emas yang akan kita bangun, akan dicapai pada 2045, yaitu Indonesia menurut alinea 2 UUD 1945. Dan Keberagaman merupakan modal kita untuk maju, dan kebersatuan dalam keberagaman itu akan maju”, ujarnya .

Selain itu, Mahfud menambahkan bahwa nilai-nilai Pancasila memang harus diterapkan sejak dini, agar Rakyat Indonesia memiliki jiwa toleransi yang tinggi terhadap sesama, sehingga dapat menjauhi ujaran kebencian yang sedang marak.

“Kalau ingin melewati Indonesia emas ini, kembalilah dengan persatuan. Untuk menjaga persatuan kita harus toleran dalam perbedaan. Maka hindarilah ujaran-ujaran kebencian, baik ucapan maupun tulisan. Mari kita hayati berdasarkan Pancasilan dan menjauhi ujaran kebencian”, tambahnya.

Acara yang dihadiri ribuan mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan dari berbagai elemen Kota Bogor berlangsung secara antusias oleh para mahasiswa. Selain Mahfud, dihadiri juga oleh Rektor IPB, Dr. Arif Satria, Addie MS, Ayu Kartika Dewi, yang juga diramaikan oleh Komedian Cak Lontong, Arie Kriting, Akbar dan Keluarga Besar IPB lainnya.

Diskusi yang lahir berkat kerjasama IPB dan MMD Initiative juga mendeklarasikan Komitmen Kebangsaan untuk membangun komunikasi lintas budaya yang dapat merekatkan bangsa.