Jokowi, Produk Lokal Harus Kuasai Pasar Dalam Negeri !

August 16, 2019

Jakarta – Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 74, telah diresmikan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Parade Merek Lokal Indonesia Tahun 2019 di The Hall Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8). Acara tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo.

Pada acara tersebut, Jokowi mengatakan banyak produk lokal yang dipamerkan, sehingga ia meminta agar produk-produk lokal tersebut dapat menguasai pasar dalam negeri. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan pasar yang sangat besar.

“Kita tahu pasar Indonesia ini gede sekali, pasar kita ini besar sekali. Jangan sampai pasar yang ada, yang besar ini, dikuasai oleh merek-merek luar. Jangan sampai. Saya titip ini. Tugas bapak dan ibu sekalian adalah mengisi pasar-pasar yang ada sehingga barang luar mau masuk sudah penuh,” ujar Presiden.

Untuk itu, Presiden ingin agar ruang-ruang strategis di mal atau pusat perbelanjaan diprioritaskan untuk diberikan kepada merek-merek lokal, bukan untuk merek-merek dari luar negeri. Menurutnya, merek-merek lokal Indonesia tidak kalah kualitasnya dengan merek-merek dari luar negeri.

“Di Australia seperti itu. Di Australia itu cara mainnya seperti itu, produk-produk dalam negeri taruh di paling depan kalau ada mal. Kenapa kita enggak tiru strategi-strategi yang bagus seperti itu?” katanya.

Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadi satu strategi dari mal-mal untuk membantu pemerintah agar barang-barang impor tidak membanjiri Indonesia, terutama saat perang dagang terjadi seperti sekarang. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai produk buatan dalam negeri.

“Jadi sekali lagi, tolong kita mulai kecintaan kita terhadap produk-produk kita sendiri, terhadap produk-produk dalam negeri,” imbuhnya.

No Comments

    Leave a Reply