Arus Balik Mudik Lebaran 2024, Puan:Bantu Keamanan dan Kelancaran Pemudik

April 15, 2024

BRIEF.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani berharap para petugas instansi terkait membantu dan terus siaga menghadapi puncak arus balik mudik Lebaran 2024. Diperkirakan puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada Senin (15/4/2024).

“Saya meminta pihak-pihak yang bertugas terus siaga membantu keamanan dan kelancaran para pemudik sampai arus balik selesai,” kata Puan melalui keterangan tertulis di Jakarta,  Senin (15/4/2024).

Di sisi lain, Puan meminta  para pemudik  berhati-hati saat melakukan perjalanan pulang dari kampung halaman.

“Libur Idul Fitri sebentar lagi usai. Banyak masyarakat yang mulai kembali pulang setelah berlebaran dan berlibur dari kampung halamannya,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Dia menyatakan,  pengawalan oleh petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) pada kendaraan pemudik perlu dilakukan di titik-titik rawan, mengingat puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada Minggu dan Senin (15/4/2024).

“Bagi pemudik bermotor tetap berhati-hati. Biasanya dari pelabuhan banyak kendaraan keluar di saat bersamaan setelah turun dari kapal penyeberangan. Dengan pengawalan  petugas, keamanan pemudik akan lebih terjamin,” kata Puan.

Puan  juga secara khusus meminta pihak kepolisian memperhitungkan secara  cermat saat memberlakukan rekayasa lalu lintas, bersamaan dengan harus adanya antisipasi khusus saat tiba-tiba ada lonjakan kendaraan.

“Optimalkan pos-pos keamanan serta pos pelayanan, dan tentunya pos kesehatan di setiap titik keramaian,” ujarnya.

Menurut dia, optimalisasi pos keamanan dan pos pelayanan penting sebagai langkah antisipasi sebab terjadi beberapa kecelakaan maut kendaraan saat arus mudik lalu.

No Comments

    Leave a Reply