Apple Pertimbangkan Bangun Pabrik di Indonesia

April 18, 2024

BRIEF.ID – Perusahaan teknologi Apple Inc mempertimbangkan untuk membangun pabrik produksi gawai di Indonesia.

Hal itu diungkapkan  Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook  sai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

“Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat adanya manufaktur di negara ini. Dan, itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan,” kata  Cook.

Ia  mengatakan,  Presiden  menginginkan ada pabrik Apple di Indonesia. Di sisi lain, Apple  telah berinvestasi di Indonesia dalam bentuk pengembangan talenta digital di Indonesia lewat Apple Developer Academy,  yang kini sudah dibuka di tiga lokasi, yaitu di BSD, Provinsi Banten, Sidoarjo (Jawa Timur),  dan Nongsa (Kepulauan Riau). Selain itu, Apple juga baru  membuka fasilitas yang sama di Bali.

Cook sangat antusias dengan perluasan talenta digital di Indonesia lewat Apple Developer Academy.

“Kami tidak sabar melihat bagaimana tiga akademi sebelumnya telah berprestasi, lulus ribuan orang dan mampu membuat aplikasi untuk App Store yang menarik perhatian tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jadi, kami sangat antusias,” kata dia.

Saat ditanya lebih lanjut soal keyakinannya berinvestasi di Indonesia, Cook menyatakan percaya Indonesia merupakan tempat yang baik untuk berinvestasi.

“Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia tidak terbatas. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi, dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini,” kata dia.

Ia mengaku kagum pada  budaya, semangat anak muda, keberagaman, dinamisme, dan lingkungan. Ia menilai Indonesia memiliki masa depan yang cerah, termasuk untuk berinvestasi.

“Semua ini menjadi bahan kunci untuk sebuah negara yang sedang berjalan dengan baik. Bahkan, akan berjalan  lebih baik di masa depan. Saya pikir masa depannya sangat cerah,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply