Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat Diresmikan Setelah Lebaran

March 14, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat diperkirakan bakal diresmikan setelah Lebaran 2024.

“Iya (tahun ini), habis Lebaran mungkin,” kata Basuki kepada wartawan di Kompleks Kementerian PUPR, di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Jalan Tol Bocimi terdiri dari empat seksi dengan total panjang 53,6 kilometer yang menghubungkan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor dengan Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Seksi 1 Ciawi-Cigombong sudah beroperasi sejak Desember 2018. Kemudian Seksi 2 Cigombong-Cibadak telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2023. Basuki menuturkan bahwa Tol Bocimi ini merupakan salah satu jalan tol yang dipersiapkan untuk arus mudik Lebaran, selain tol lain di Pulau Jawa.

Ia menyebut Tol Solo-Yogyakarta, yang beroperasi fungsional sejak Desember 2023, juga akan kembali dioperasikan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

“Tol Solo-Yogyakarta sudah 42 km, sudah bisa sampai ke Gondang, yang kemarin kan baru 13 km pada saat Natal dan Tahun Baru 2023. Nah ini nanti akan sampai ke Gondang, Klaten, lebih lagi ke arah Yogyakarta,” kata dia.

“Itu paling sedikit bisa melewati 38 lampu merah di jalan nasional,” katanya lagi.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta hingga Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo secara keseluruhan memiliki panjang 96,57 km, terdiri dari 3 seksi, Seksi 1 Solo-Klaten-Purwomartani (42,3 km), Seksi 2 Purwomartani-Monjali-Sleman (16 km), dan Seksi 3 Gamping – Kulonprogo (38,57 km).

Kehadiran tol ini diharapkan dapat mengurangi beban jalan nasional Yogyakarta-Solo saat ini kondisinya kerap macet, khususnya menuju destinasi pariwisata sepanjang koridor, seperti Candi Prambanan.

Selain itu, juga dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Yogyakarta ke Solo dan sebaliknya, serta menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo.

No Comments

    Leave a Reply