Dubes Rosan: Singapura Mitra Strategis Utama Indonesia  di Bidang Perdagangan dan Investasi

June 13, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) menyatakan akan terus memperkuat hubungan RI-Singapura di berbagai bidang.  Sebagai mitra strategis Indonesia, pada Kuartal I-2023,  Singapura tercatat sebagai  investor asing terbesar di  Indonesia dengan nilai investasi mencapai US$ 4,3 miliar.  

“Indonesia memiliki  hubungan yang baik dengan Singapura. Singapura adalah mitra strategis ekonomi utama Indonesia di bidang perdagangan dan investasi. Hubungan kerja sama ini tentunya menguntungkan bagi Indonesia dan Singapura,” kata Dubes Rosan saat menerima  kunjungan kehormatan Dubes Singapura untuk AS,  Lui Tuck Yew di KBRI Washington, AS, pada Jumat (9/6/2023).

Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (13/6/2023) mengungkapkan,  pada pertemuan yang berlangsung akrab, selain  membahas  isu-isu global, regional, dan bilateral, juga hal-hal menyangkut  kemitraan ASEAN – AS.

Dukungan AS bagi  sentralitas ASEAN juga harus diterjemahkan dalam aksi nyata, terutama terkait  peran ASEAN sebagai agenda-setter dinamika di kawasan dan pembentukan arsitektur kawasan yang inklusif.

“Pak Dubes Lui Tuck Yew dan saya,  sepakat untuk terus meningkatkan kemitraan ekonomi ASEAN-AS, termasuk di bidang transisi energi, ekonomi digital, rantai pasokan kritis, dan keamanan kesehatan,” jelas Dubes Rosan.

Menurut dia,  sebagai Ketua ASEAN 2023  dan koordinator untuk kemitraan AS-ASEAN 2021-2024, Indonesia akan terus mendorong penguatan kerja sama  ASEAN-AS, yang mulai tahun ini telah ditingkatkan menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

“Kemitraan ASEAN-AS tentu saja akan membangun kemitraan bgi ketahanan kawasan dan global. Sinergisitas  kebijakan harus didorong untuk memastikan stabilitas sistem keuangan, dukungan likuiditas, dan efektivitas kebijakan ekonomi,” kata Dubes Rosan.

No Comments

    Leave a Reply