Prabowo Optimistis Tahun 2029, Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi 8%

March 6, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga calon presiden Republik Indonesia,  Prabowo Subianto optimistis dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2029 akan menembus angka 8%.

“Makroekonomi kita bergetar, kita tumbuh, dan saya optimistis. Kita bisa menggenjot pertumbuhan kita sendiri. Perkiraan saya, dalam 5 tahun ke depan, kita bisa mencapai pertumbuhan 8% mungkin lebih,” kata  Prabowo saat menjadi pembicara kunci pada  Mandiri Investment Forum 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Prabowo mengaku ingin fokus pada pengentasan kemiskinan melalui  penciptaan sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan untuk rakyat Indonesia, jika nantinya resmi dilantik sebagai Presiden RI, pada 20 Oktober 2024. Pengentasan kemiskinan, kata dia,  juga menjadi pedoman pemerintahan Indonesia selanjutnya.

“Kami menginginkan pertumbuhan, tetapi kami ingin mengatasi kemiskinan, dan kami juga ingin menciptakan lapangan kerja,” kata Prabowo.

Selain itu, menurut Prabowo, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga patut  berkontribusi melalui langkah-langkah strategis yang baik. Ia  berangan-angan pemerintahannya nanti dapat mengelola keputusan yang rasional dan efisien.

“Dan, yang sangat jelas, kita dorong efisiensi, kita dorong pengambilan keputusan rasional yang bisa mengedepankan perekonomian, kita harus laksanakan yang terbaik dan kita sangat optimis bisa melaksanakan hal itu,” tutur Prabowo.

Pada kesempatan itu, Prabowo secara terbuka  mengapresiasi pencapaian ekonomi yang diraih Indonesia pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kesuksesan itu, kata dia, terlihat dari berbagai aspek meliputi inflasi yang rendah, neraca dagang, hingga utang yang terkendali.

“Menurut saya, pemerintahan Jokowi cukup berhasil dan terbilang baik dalam mengelola inflasi,” tuturnya.

Prabowo mengatakan Presiden Jokowi selalu memperhatikan hal detail untuk memenuhi kriteria ekonomi makro. Salah satunya adalah membuat kebijakan yang berpihak, serta mendorong usaha yang dijalankan pelaku ekonomi di semua level.

“Kita menciptakan dukungan bisnis, UMKM, mempromosikan e-commerce (niaga-el) untuk kesejahteraan. Itu salah satu filosofi dari Pak Jokowi,” imbuh Prabowo.

No Comments

    Leave a Reply