Yenny Wahid: Guru Besar Alat Ukur, Baik Buruknya Demokrasi Bangsa

February 6, 2024

BRIEF.ID – Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud,  Yenny Wahid mengomentari  banyaknya guru besar dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Tanah Air, yang mengkritik tajam Presiden Joko Widodo (Jokowi)  serta buruknya situasi politik, menjelang Pemilu 2024, yang akan diselenggarakan 14 Februari 2024.

Para guru besar secara tegas mengungkapkan keprihatinannya terkait merosotnya kualitas demokrasi dan meminta Presiden Jokowi bersikap netral serta  tidak mengintervensi  proses pemilihan umum (Pemilu) disaat  putra sulungnya ikut berkontestasi sebagai calon wakil presiden (Cawapres).

Yenny menyatakan,  suara   guru besar wajib didengar karena berasal dari kalangan akademisi, yang notabene adalah  barometer suhu demokrasi di Indonesia.

“Mereka menjadi alat  ukur, apakah Indonesia ini sedang baik-baik saja atau tidak. Ketika kampus bersuara,  menyuarakan keprihatinan tentang penyelenggaraan Pemilu yang dianggap penuh kecurangan. Lalu,  hal-hal yang bersifat etis banyak dilanggar. Nah, ini tentu menjadi keprihatinan kita,” ujar putri Presiden ke-4 Republik Indonesia  Abdurrahman Wahid (Gus Dur)  di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (6/2/2024).

Yenny yang juga Direktur Wahid Foundation ini menyebutkan, saat ini terjadi kemunduran kualitas demokrasi di negeri ini. Selain itu,  perjuangan melawan  Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN), pada zaman Orde Baru merupakan perjuangan yang sangat besar dan  memakan banyak korban baik mahasiswa, aktivis HAM, aktivis kemanusiaan, aktivis demokrasi dan lainnya, menjadi sia-sia.

“Ini harus kita jaga, demokrasi ini adalah sebuah sistem yang telah kita pilih bersama dan berhasil diraih dengan pengorbanan yang tidak main-main,” ucapnya.

Yenny menyatakan, pendapat rakyat tentang penyelenggaraan Pemilu yang jujur dan  adil harus dijaga.

“Jadi, ketika akademisi bersuara,  ya tentu bagi kita menjadi keprihatinan yang luar biasa. Dan, bagi kami makin menguatkan keinginan untuk berjuang, untuk menjaga demokrasi,” jelasnya.

Yenny  juga mengaku sedih atas tindakan  aparat  TNI dan Polri yang mengintimidasi  rakyat terkait Pemilu. Yenny menyebut,   aparat  terpaksa melakukan intimidasi karena  diintimidasi dan dipaksa atasannya melakukan itu.

“Jadi permintaan kita jelas, tolonglah para aparat keamanan TNI dan Polri,  jangan dihadapkan-hadapkan dengan rakyat. Berikan  mereka kekuasaan untuk menjaga netralitas. Karena mereka adalah abdi negara, bukan abdi keluarga,” katanya.

Aparat TNIdan Polri, lanjutnya, tidak boleh lagi dijadikan momok  menakutkan di tengah masyarakat dan mengintimidasi rakyatnya sendiri.

“Tugas utama mereka  adalah  menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. Jangan paksa mereka  berhadapan dengan rakyat. Biarkan mereka bekerja secara profesional, baik aparat desa, aparat keamanan, TNI, Polri, ASN. Semuanya itu tetap mengabdi pada negara. Jangan paksa mereka untuk berhadap- hadapan dengan rakyat,” kata Yenny.

No Comments

    Leave a Reply