Pesawat  JAL Terbakar di Bandara Internasional Haneda, KBRI Tokyo Telusuri Korban WNI

January 3, 2024

BRIEF.ID – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo  berkoordinasi dengan  otoritas Jepang menyusul kebakaran pesawat Japan Airlines dengan nomor penerbangan JAL 516 di Bandara Internasional Haneda, Tokyo,  Jepang, pada Selasa (2/1/2023).

“Koordinasi dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi penumpang dan dievakuasi dari pesawat tersebut. Koordinasi juga dilakukan dengan Garuda Indonesia Tokyo dan pihak Ministry of Land, Infrastructure, Transport, and Tourism (MLIT),” kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi di Tokyo, Selasa (2/1/2024).

Heri  menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban yang meninggal atas peristiwa tersebut.

Pesawat jenis Airbus A350-900 yang terbang dari New Chitose Sapporo itu terbakar setelah mendarat di landasan pacu Bandara Haneda, pada Selasa pukul 17.55 waktu setempat atau sekitar pukul 15.55 WIB.

Sebelum terbakar, pesawat bertabrakan dengan pesawat milik Penjaga Pantai Jepang (Japan Coast Guard).

Sebanyak 367 penumpang dan 12 kru JAL berhasil dievakuasi, sedangkan lima awak pesawat Penjaga Pantai Jepang dilaporkan meninggal dan sang kapten mengalami luka-luka.

KBRI Tokyo menyatakan masih terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dan terdampak dalam peristiwa ini.

No Comments

    Leave a Reply