Ganjar Ajak Masyarakat Cirebon Lawan Tekanan, Wujudkan Kebebasan Berpendapat dan Memilih

January 27, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengajak masyarakat Cirebon  melawan tekanan untuk mewujudkan kebebasan berpendapat dan memilih pada Pemilu 2024.

Ajakan  itu, berulangkali dipertegas Ganjar saat berorasi politik di hadapan ribuan pendukungnya yang menghadiri Hajatan Rakyat di Stadion Utama Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

Ganjar menyatakan,  kebebasan berpendapat dan hak pilih rakyat sengaja dipertegas karena belakangan muncul tekanan-tekanan untuk menakut-nakuti masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Salah satunya Aiman Witjaksono, waktu masih jurnalis dia memberitakan, tapi tadi malam diperiksa dari siang sampe malam, makanya kami dampingi,” kata Ganjar.

Dia menjelaskan, untuk memproses pemberitaan yang dilakukan Aiman Wirjaksono selaku jurnalis,  tidak perlu sampai dilaporkan ke Kepolisian dan diperiksa dari siang sampai malam.

“Harusnya bukan diperiksa kepolisian, tetapi silakan ada hak jawab itulah yang dipakai dan dilindungi oleh Undang-Undang (UU) Pers dan diperjuangkan dalam reformasi,” kata Ganjar.

Selain itu, lanjutnya, ada juga kasus Palti Hutabarat yang menyebarkan video rekaman suara, yang diduga dilakukan pejabat di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara untuk mendukung pasangan calon (Paslon 2), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kasus Palti, kita dampingi juga, karena Ganjar-Mahfud tidak mau hal-hal seperti ini menakutkan masyarakat, sehingga masyarakat memiliki ketakutan untuk bebas berpendapat, dan bebas memilih,” ungkap Ganjar.

Dia menambahkan, tekanan-tekanan seperti itu tidak boleh dibiarkan karena dapat merusak demokrasi dan membuat masyarakat hidup dalam ketakutan untuk berpendapat.

“Rasa-rasanya hal seperti ini tidak boleh dibiarkan. Rakyat punya cara untuk melawan atas hal-hal seperti ini, tindakan semena-menan seperti ini. Kita harus lawan, berdasarkan hak-hak warga negara dan sesuai aturan,” ungkap Ganjar.

Dalam orasi politiknya, Ganjar juga mengingatkan seluruh masyarakat yang hadir, bersama-sama keluarga dan kerabat mendukung Paslon 3, Ganjar-Mahfud.

“Saudara-saudaraku, waktu kita sudah semakin dekat. Saya titip ajak keluarga ajak saudara-saudaranya untuk mencoblos Nomor 3,” ujar Ganjar.

Dia  meminta  seluruh pendukungnya tidak lupa menjelaskan soal 21 Program Unggulan Ganjar-Mahfud yang prorakyat kecil karena ingin kemiskinan  segera tuntas.

“Sudah 78 tahun kita merdeka,  kemiskinan harus diupayakan tuntas di Tanah air. Kita akan berjuang bersama untuk memenangkan pemilu, mudah-mudahan diberi kesehatan, salam hormat saya, jangan lupa coblos Nomor 3,” tutur Ganjar.

No Comments

    Leave a Reply