Blusukan ke Pasar Tradisional, Atikoh: Masyarakat dan Pedagang Butuh Stabilisasi Harga  

January 3, 2024

BRIEF.ID  – Siti Atikoh Supriyanti, istri calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan,  masyarakat dan pedagang sama-sama membutuhkan stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok.

Pernyataan  itu disampaikan perempuan yang akrab disapa Atikoh, setelah blusukan  ke pasar-pasar tradisional di berbagai daerah  serta  berdialog dengan masyarakat dan pedagang.

Atikoh menilai, masyarakat dan pedagang sama-sama mengeluhkan  harga bahan pokok, seperti gula, beras, dan cabai  yang melonjak dalam beberapa bulan terakhir.  

“Hal yang adil bagi penjual dan pembeli adalah harga yang stabil. Penjual tidak pusing menentukan harga jual. Pembeli juga bisa tenang menghitung kemampuan belanjanya,” kata Atikoh, seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, @atikoh.s, Rabu (3/1/2024).

Keluhan serupa juga disampaikan pedagang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tegal, Jawa Tengah saat berdialog dengan Atikoh.

Salah seorang  pedagang cemilan tradisional “Rambut Nenek” mengeluhkan harga gula yang melambung dari Rp12.000 per kilogram (kg) menjadi Rp18.000 per kg.

“Terkait dengan harga gula, yang ini saya  ditangisi seluruh ibu-ibu rumah tangga. Tapi bukan hanya harga gula saja kan ibu-ibu ya?” ujar Atikoh.

Dia menuturkan, sebenarnya masyarakat dan pedagang sama-sama tidak menuntut harga bahan pokok yang murah, melainkan yang terjangkau dan stabil.  Diakui harga bahan pangan kalau murah,  maka akan merugikan para petani, juga pedagang karena margin keuntungan tipis.

Begitu pula jika harga pangan terlalu mahal, daya beli masyarakat  berkurang, dan pedagang pun tak bisa mengambil keuntungan.

“Jadi masyarakat dan pedagang itu yang dibutuhkan bukan harga murah tapi affordable, maksudnya yang terjangkau dan stabil. Sebab kalau harga pangan dari produk pertanian murah, yang nangis nanti petaninya,” tutur Atikoh.  

No Comments

    Leave a Reply