Momen Mengharukan Ganjar dan Penyandang Disabilitas di Hajatan Rakyat Yogyakarta

January 29, 2024

BRIEF.ID – Ada momen mengharukan antara Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo dan  penyandang disabilitas pada Hajatan Rakyat Yogyakarta di  Alun-Alun Wates, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa  Yogyakarta (DIY), Minggu (28/1/2024).

Saat  sedang berorasi politik, tiba-tiba Ganjar berhenti dan memandang ke sisi kiri panggung,  di mana komunitas penyandang disabilitas tuna rungu melambaikan tangan dan memberikan bahasa isyarat kepadanya agar mendekati mereka.

“Ini ada seorang anak dari kelompok disabilitas. Saya harus minta maaf,  karena saya enggak punya penerjemah,” kata Ganjar sambil menghampiri dan memberikan bahasa isyarat yang berarti terima kasih kepada komunitas tersebut.

Sambil membungkuk, Ganjar menyalami tangan penyandang disabilitas tuna rungu itu, lalu menyalami beberapa penyandang disabilitas lainnya.

Mereka terlihat gembira  menyampaikan dukungan kepada pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pilpres 2024.

“Ya, ya, terima kasih, terima kasih,” kata Ganjar lalu berdiri dan membuka rompi berwarna hitam yang bertuliskan Sat Set di dada bagian kiri.

Momen itu, membuat massa yang memenuhi Alun-Alun Wates,   menjadi riuh dengan teriakan. Warga nampaknya ingin juga memiliki rompi itu.

Ganjar kemudian memberikan rompinya kepada salah seorang penyandang disabilitas, yang memberi isyarat akan mendukung paslon 3.

“Terima kasih,” kata Ganjar sambil berlutut dan memberi bahasa isyarat terima kasih.

Capres berambut putih itu kemudian kembali ke tengah panggung dan menyampaikan bahwa penyandang disabilitas juga membutuhkan perhatian dan kesetaraan.

Dia menjelaskan, setiap kali pemerintah membuat rancangan pembangunan, seringkali ada kelompok masyarakat yang tertinggal, yaitu kelompok perempuan, anak-anak, lansia, dan juga penyandang disabilitas

“Maka, marilah kita memperjuangkan agar kesetaraan itu ada bagi mereka (penyandang disabilitas) termasuk dalam pendidikan,” tutur Ganjar. (Jeany Aipassa)

No Comments

    Leave a Reply