PWI Augerahi Pena Emas Kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey

December 7, 2023

BRIEF.ID –  Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Prof Dr (HC) Olly Dondokambey, SE menerima Anugerah Pena Emas PWI, karena dinilai berjasa membangun bangsa dan negara serta pers nasional, khususnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Olly  menjadi Gubernur Sulut keempat yang menerima penghargaan tertinggi dari PWI, yang diserahkan Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Hendry  didampingi Sekjen PWI Sayid Iskandarsyah juga menyerahkan sertifikat dan mengenakan jas PWI kepada Olly. Sementara itu, Pin Pena Emas untuk Olly akan diserahkan pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Jakarta, pada   9 Februari 2024.

Hendry  mengatakan, Olly  adalah penerima Pena Emas PWI ke- 45, sejak tradisi penganugerahan Pena Emas dimulai sejak tahun 1946. Penerima pertama adalah Sumanang, SH, Ketua PWI pertama.

Dikatakan, empat Gubernur Sulut yang pernah menerima penghargaan Pena Emas PWI adalah GH Mantik tahun 1984,   CJ Ngantung (1995),  Sinyo Harry Sarundajang (2013),  dan  Olly  tahun 2023.

Olly sama sekali tak menyangka akan memperoleh Anugerah Pena Emas PWI sehingga sangat senang saat berita gembira  disampaikan  Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan kepadanya, di Manado, beberapa waktu lalu.

Peran Pers dalam Pembangunan

Olly secara terbuka mengapresiasi, peran pers dalam pembangunan di Sulut. Pers selain berperan menjalankan fungsinya memberikan informasi bermanfaat kepada masyarakat, juga melakukan kontrol sosial.

“Media cetak dan media online di  Sulut menjadi referensi saya dalam melihat berbagai persoalan pembangunan. Dari media  saya bisa tahu kondisi riil di masyarakat,” ujar dia.

Menurut Olly, keberhasilan Sulut keluar dari krisis Covid -19 dan memulihkan kembali kehidupan perekonomian  juga tak lepas dari peran pers. Perekonomian daerah itu  tumbuh signifikan di atas 5,31% pada tahun 2022 atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional.

“Media berperan dalam memperkenalkan potensi Sulut di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan andalan masa depan sektor pariwisata. Saya kira peran pers masih relevan untuk kita dorong terus ke depan,” ujarnya.

Ketika kantor PWI Sulut di Manado, tahun 2021 terbakar, Olly  bersama Wakil Gubernur  Drs Steven Kandouw  aktif membantu merehabilitasi gedung itu menggunakan dana  APBD 2023. Saat ini, gedung PWI itu sudah dapat dimanfaatkan kembali.

“Saya memang ingin PWI kuat sehingga bisa berkontribusi lebih besar bagi pembangunan  Sulut,” ujar Olly.

No Comments

    Leave a Reply