Kapolri Mutasi 483 Perwira

December 29, 2023

BRIEF.ID – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia,  Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo  memutasi 483 perwira.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Inspektur Jenderal (Irjen) Dedi Prasetyo,  menyampaikan, terdapat 3 surat telegram per hari Kamis yang berisi mutasi personel Polri.

”Secara keseluruhan terdapat 483 personel yang mutasi,” kata Dedi di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2864/XII/KEP./2023 yang berisi mutasi bagi 60 personel, ST/2865/XII/KEP./2023 yang berisi mutasi bagi 337 personel, dan ST/2866/XII/KEP./2023 yang berisi mutasi bagi sebanyak 86 personel.

Mutasi yang bersifat promosi terjadi pada beberapa perwira tinggi, antara lain Irjen Eddy Sumitro Tambunan yang ditunjuk sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri serta Irjen Yudhiawan yang ditunjuk menjadi Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Kapolda Sulut). Promosi lainnya adalah penunjukan Brigadir Jenderal (Pol) Ahmad Ramadhan sebagai Wakil Kapolda Lampung menggantikan Brigjen (Pol) Umar Effendi.

Jabatan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri yang ditinggal Ahmad kemudian diisi oleh Komisaris Besar (Kombes) Trunoyudo Wisnu Andiko. Trunoyudo sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya.

Selain personel tersebut, lanjut Dedi, terdapat 5 perwira tinggi dengan jabatan irjen yang mendapatkan promosi, 24 personel berpangkat brigjen (pol) yang mendapatkan promosi, serta 206 personel berpangkat kombes yang mendapatkan promosi. Selanjutnya, terdapat 48 personel berpangkat ajun komisaris besar berklasifikasi mantap, 4 personel dipromosikan sebagai kepala kepolisian resor (kapolres) golongan IIB dan 61 personel sebagai kapolres golongan IIIA.

Di samping itu, terdapat 13 personel polisi wanita (polwan) yang mendapatkan promosi jabatan komisaris besar sebanyak 9 personel, promosi ajun komisaris besar sebanyak 3 personel, dan promosi sebagai kapolres sebanyak 1 personel.

Selain promosi, mutasi tersebut juga memuat 27 personel yang pensiun, 17 personel yang mendapatkan penugasan khusus, serta 4 personel yang dikukuhkan jabatannya. Kemudian terdapat 5 personel yang didemosi, 4 personel yang dipulihkan haknya, serta 62 personel yang menjalani pendidikan.

Sebelumnya, dalam acara Rilis Akhir Tahun 2023, Kapolri menyatakan, kepercayaan publik terhadap Polri merupakan harga mati yang harus diperjuangkan dan ditingkatkan. Sebab, ketika kepercayaan publik tinggi, upaya pemolisian akan berjalan lebih optimal.

No Comments

    Leave a Reply