aespa Masuk Daftar 25 Wanita Paling Berpengaruh Tahun 2023 Versi Financial Times

December 1, 2023

BRIEF.ID – Girl Group asal Korea Selatan, aespa secara mengejutkan menjadi satu-satunya artis K-Pop yang berhasil menembus “Daftar 25 Wanita Paling Berpengaruh Tahun 2023” versi Financial Times.

Group  yang dibentuk  SM Entertainment, beranggotakan   Karina, Giselle, Winter, dan Ningning. Pencapaian gemilang aespa diumumkan Financial Times, pada 30 November 2023.

“Daftar ini mencakup “perempuan luar biasa” dari berbagai bidang, disusun  melalui konsultasi dengan ratusan jurnalis Financial Times dari berbagai biro, pembaca, dan pemimpin industri,” demikian pemberitaan Financial Times.

Selain aespa, wanita lain dalam daftar tahun ini termasuk Margot Robbie, Beyoncé, dan Ursula von der Leyen, serta pemenang Hadiah Nobel Narges Mohammadi dan Katalin Karikó.

Yoojin Choi menulis, “Dalam dua tahun sejak pertama kali merilis album pertama, aespa telah mencetak dan kemudian memecahkan serangkaian rekor untuk girl grup K-pop, menjadi yang pertama melampaui satu juta penjualan minggu pertama dengan tiga album berturut-turut, serta bermain Coachella dan meluncurkan tur dunia.

Tampil dengan instrumentasi berlapis eksperimental dan vokal berapi-api disertai  avatar AI punk fiksi ilmiah (‘ae’ dalam aespa mengacu pada ‘avatar’ dan ‘pengalaman’), aespa telah mendorong batas-batas K-pop.”

Selamat untuk aespa!

No Comments

    Leave a Reply