Suhartoyo Terpilih Sebagai Ketua MK, Periode 2023-2028

November 9, 2023

BRIEF.ID – Hakim konstitusi Suhartoyo terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), periode 2023-2028 yang akan menggantikan  Anwar Usman. Demikian hasil rapat tertutup pemilihan Ketua MK yang digelar  di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

“Menyepakati Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih adalah Yang Mulia Bapak Dr  Suhartoyo dan insya Allah, pada hari Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini,” kata Wakil Ketua MK Saldi Isra saat memberikan keterangan pers.

Para  hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menyepakati Suhartoyo menjadi Ketua MK,   menggantikan Anwar Usman,  yang dicopot karena terbukti melanggar etik berat.

Saldi  menyatakan, seluruh hakim konstitusi hadir di dalam rapat, yakni Anwar Usman, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, Manahan M. P. Sitompul, Suhartoyo, Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, dan M. Guntur Hamzah.

Sebelumnya diberitakan, Anwar Usman diberhentikan dari jabatan sebagai Ketua MK karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik terkait uji materi perkara nomor 90/PUU-XXI/2023. Putusan ini diketuk oleh Majelis Kehormatan MK (MKMK) dalam sidang pembacaan putusan etik, Selasa (7/11/2023).

No Comments

    Leave a Reply