Timor Leste Minta Indonesia Bantu Percepat Keanggotaan Penuh ASEAN

August 21, 2023

BRIEF.ID – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, Timor Leste meminta bantuan Indonesia untuk membantu mempercepat keanggotaannya pada perhimpunan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Timor Leste berharap keanggotaan penuh ASEAN segera terwujud.

“Timor Leste meminta agar bisa dipercepat sebagai anggota penuh ASEAN,” kata Mendag  usai menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste Filipus Nino Pereira  di sela Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) ke-55 di Semarang, Jawa Tengah, seperti dilansir Antara, Senin (21/8/2023).

Pada  AEM ke-55  yang berlangsung, pada 19-22 Agustus 2023, Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste Filipus Nino Pereira hadir sebagai observer (peninjau).  

Dalam pertemuan dengan Mendag RI, Filipus  secara khusus meminta Kemendag RI untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja Timor Leste terkait  ekspor, desain produk, dan lainnya.

Timor Leste juga mengharapkan dukungan Indonesia untuk akses  ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Selain itu, dibahas juga mengenai perjanjian perdagangan di perbatasan.

Baik Timor Leste maupun Indonesia sama -sama ingin meningkatkan kegiatan perdagangan di perbatasan, sebagaimana ketentuan yang sudah dimiliki antara Indonesia dan Malaysia.

“Misalnya dengan Malaysia itu sebulan boleh untuk beli bahan pokok, minyak, kelapa, beras, dan lainnya. Nah,  ini dengan Timor Leste belum, berapa perdagangan bebas di perbatasan itu,” kata Mendag.

No Comments

    Leave a Reply