Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD Geruduk Kantor Satpol PP Yogyakarta

November 17, 2023

BRIEF.ID – Puluhan relawan dan simpatisan pasangan capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggeruduk Kantor Satpol PP, di Kompleks Balaikota Yogyakarta, Jumat (17/11/2023).

Kelompok yang menamakan diri Aliansi Relawan Ganjar Yogyakarta, memprotes aksi pencopotan poster dan spanduk bergambar Ganjar Pranowo yang dilakukan jajaran Satpol PP di wilayah Kota Yogyakarta. Mereka menganggap ada unsur kesengajaan.

“Kita sebagai pendukung Pak Ganjar Pranowo tidak terima ketika Pak Ganjar datang ke sini, gambarnya dicopoti,” kata anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Antonius Fokki Ardiyanto yang menjadi orator aksi.

Kedatangan Ganjar yang dimaksud adalah ketika menyambangi sejumlah titik di DIY, pada Kamis (16/11/2023). Ia sempat melakukan napak tilas ke kostnya semasa muda dulu di Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, sebelum menghadiri acara pengukuhan guru besar UGM dan temu relawan di Sleman.

“Saat ini, di semua daerah kelihatan polanya sama. Ketika Pak Ganjar datang, banner-nya dicopoti. Ketika di Pematang Siantar, ketika datang di Yogja, banner-nya dicopoti. Ini perintah siapa, ketika ASN berpihak kita tuntut pidana,” kata Fokki.

“Lawaan,” sahut massa aksi.

Fokki menekankan, aksi ini dalam rangka meminta klarifikasi dari Satpol PP. Sekaligus meminta adanya sosialisasi pedoman pemasangan alat peraga kampanye (APK).

“Selama itu tidak ada sosialisasi, itu kan relawan macam-macam latar belakangnya. Ada yang ingin ngerti, ada yang ingin nggak ngerti, tapi kan kewajiban pemerintah mensosialisasikan aturan,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Jogja Octo Noor Arafat menegaskan jika pencopotan baliho tersebut sebagai wujud penegakan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2022 tentang Reklame. Dalam salah satu pasal dituliskan bahwa reklame tak berizin bisa ditertibkan.

“Kegiatan kemarin adalah kegiatan rutin harian,” kata Octo. (CNN Indonesia)

No Comments

    Leave a Reply