Hasto Kristiyanto: Putusan MKMK Wujud Kemenangan Nurani

November 9, 2023

BRIEF.ID –  Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) sebagai bentuk kemenangan nurani untuk meluruskan kebenaran.

Ia juga menyebut, kondisi politik di dalam negeri tidak seperti yang digambarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti drama Korea. Justru kondisi politik saat ini merupakan cerminan hati, akal sehat, dan nurani.

“Politik ini memang bukan drama politik, ini kesungguhan politik. Ini dedikasi politik. Ini komitmen terhadap masa depan tetapi politik ini harus keluar dari cerminan mata hati, akal sehat dan nurani,” kata Hasto di  Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Ia menyatakan, persoalan  di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait  penanganan perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023 mengenai syarat usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

“Jadi, kalau akal sehat dilanggar, ketika hukum direkayasa, MK dikebiri, ya muncul lah suatu gerakan untuk meluruskan itu. Dan apa yang diputuskan oleh MKMK itu menunjukkan kemenangan nurani. Itu menunjukkan kemenangan dari kekuatan kebenaran sehingga berbagai rekayasa hukum bisa dipatahkan oleh kekuatan-kekuatan pro demokrasi yang memang tidak ingin MK sebagai benteng konstitusi, dan demokrasi dikebiri dan demokrasi mati,” jelas Hasto.

Putusan MKMK, lanjutnya, mencopot Anwar Usman dari posisi Ketua MK karena terbukti melanggar etik berat merupakan suatu wujud kemenangan moral.

“Ini adalah suatu kemenangan moral sebagai langkah yang positif untuk mengawal demokrasi di negeri ini,” tambahnya.

Sebelumnya, saat menghadiri HUT ke-59 Partai Golkar, 6 November 2023, Presiden Jokowi  mengatakan bahwa politik di Indonesia belakangan ini terlalu banyak diisi drama Korea dan sinetron televisi.

Jokowi ingin Pemilu 2024 diisi dengan adu gagasan untuk kemajuan bangsa.

“Saya lihat akhir-akhir ini yang kita lihat adalah terlalu banyak dramanya, terlalu banyak drakor-nya. Terlalu banyak sinetronnya. Mestinya kan pertarungan gagasan, pertarungan ide, bukan pertarungan perasaan,” kata Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply