ASEAN Caucus  Perkuat APEC Business Advisory Council

November 16, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa ASEAN merupakan salah satu kawasan strategis yang memilki modal kuat sebagai  pusat  pertumbuhan dunia. Selain itu, ASEAN juga memiliki sejumlah kekuatan sebagai  aset penting, seperti pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata dunia dan demografi usia muda yang besar.

“Dan, juga stabilitas kawasan yang selalu terjaga, ini juga sebuah kekuatan. Inilah aset penting yang memungkinkan suara ASEAN dapat didengar lebih keras di berbagai forum termasuk di APEC,” kata Presiden  pada  ABAC ASEAN Caucus Day  di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat,  Rabu (15/11/2023).

Ia juga  menyambut baik terbentuknya ASEAN Caucus untuk memperkuat sentralitas ASEAN dalam APEC Business Advisory Council. “Saya harap melalui forum ini kemitraan pemerintah dan bisnis dapat menjadi makin sinergi,” imbuhnya.

Presiden juga menyampaikan pandangannya terhadap sejumlah bidang yang dapat menjadi fokus ASEAN Caucus. Pertama dalam hal percepatan transisi energi, ASEAN telah sepakat untuk menjadi global hub industri kendaraan listrik.

“Caucus ASEAN dapat menjadi bagian penting untuk memperkuat inisiatif ini. Di sisi lain transisi energi juga membutuhkan dukungan investasi, dukungan teknologi dimana prakarsa indo-pacific impact fund itu dapat memiliki peran yang signifikan,” ujarnya.

Selain itu, fokus lain yang juga penting yakni mengenai pencapaian netralitas karbon. Presiden menyampaikan bahwa perekonomian harus tetap berkembang seiring dengan komitmen ASEAN untuk turut menjaga lingkungan.

“ASEAN  telah menyepakati strategy for carbon netrality. Indonesia juga menargetkan net zero pada 2060 dimana pencapaian target tersebut butuh kerja sama konkret khususnya di sektor pemerintah dan bisnis yang dapat dijembatani oleh ASEAN Caucus,” lanjutnya. 

Kepala Negara mendorong peran aktif ASEAN Caucus dalam mendukung komitmen ASEAN untuk mempercepat implementasi pembayaran digital batas melalui kerja sama lembaga-lembaga keuangan.

“Saya yakin caucus ASEAN dapat berperan dalam inisiatif ini,” tandasnya.

No Comments

    Leave a Reply