Wapres Agendakan Acara Jamuan Makan Bersama Bacawapres

October 30, 2023

BRIEF.ID – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengagendakan acara jamuan makan bersama para bakal calon wakil presiden (Bacapres) yang akan tampil dalam kontestasi Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan bakal calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo di Istana Merdeka Jakarta, Senin (30/10/2023), usai menghadiri jamuan santap siang bersama Presiden Jokowi dan para bakal Capres.

“Kalau nggak salah, besok akan ada undangan bakal cawapres akan bertemu dengan Wapres,” kata Ganjar menjawab pertanyaan wartawan terkait ketidakhadiran para bakal Cawapres dalam agenda santap siang tersebut.

Ganjar mengatakan, agenda itu telah ia konfirmasi melalui komunikasi dengan pihak Istana Wakil Presiden RI. Namun terkait kepastian waktu dari agenda jamuan bersama para bakal cawapres itu belum dipastikan  Ganjar.

“Nanti biar diatur. Kemarin saya coba komunikasi,” katanya.

Menjawab pertanyaan yang sama, bakal Capres Anies Baswedan mengabarkan bahwa Muhaimin Iskandar yang kini menjadi pasangannya dalam Pilpres 2024 sedang berada di Kota Malang, Jawa Timur.

“Gus Imin (sapaan Muhaimin Iskandar) sedang berada di Malang, di luar Jakarta,” katanya.

Pendaftaran di KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,

Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Duet  Ganjar-Mahfud diusung  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan dimulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

No Comments

    Leave a Reply