Presiden Jokowi Pastikan Belum Ada  Mentan Definitif

October 14, 2023

BRIEF.ID –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa  belum menunjuk menteri pertanian (Mentan) definitif yang akan menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL), yang mengundurkan diri karena terjerat kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Belum ada menteri definitif. Belum,” kata Presiden Jokowi usai menghadiri panen raya padi di Indramayu, Jawa Barat, Jumat (13/10/2023).

Presiden Jokowi telah menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai pelaksana tugas (plt) Mentan. Pekan lalu,  Presiden Jokowi mengatakan penunjukan mentan definitif akan dilakukan secepatnya.

“Ya secepatnya,” kata dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Seperti diberitakan,  KPK telah menahan SYL  sebagai tersangka kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). Penahanan dilakukan setelah KPK menjemput paksa  SYL di salah satu apartemen di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/10/2023) malam.

SYL  ditetapkan sebagai tersangka korupsi dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementan. Saat digelar konferensi pers di Gedung KPK,  tampak SYL memakai rompi tahanan berwarna oranye dengan tangan  diborgol.

No Comments

    Leave a Reply