KTT AIS Forum 2023 Bangkitkan Pariwisata Bali

October 10, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan,   penyelenggaraan  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023,  pada 10-11 Oktober 2023 bangkitkan pariwisata di Bali.

“Archipelagic and Island States Forum di Bali, minggu ini diharapkan akan meningkatkan geliat pariwisata dan tingkat hunian hotel,” ujar Sandiaga  usai menghadiri rapat terbatas  yang dipimpin  Presiden  Joko Widodo (Jokowi), di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (09/10/2023).

Sebelumnya, Pemerintah telah menyelenggarakan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, pada 5-7 September 2023. Kegiatan itu berdampak signifikan bagi  sektor pariwisata terutama dari segi hunian.

“KTT ASEAN baru saja kita selesaikan perhitungannya, dampaknya bagi ekonomi cukup signifikan untuk Jakarta, terutama dari segi tingkat hunian hotel,” ungkapnya.

Sandi juga menyatakan akan mempersiapkan  sebaik-baiknya setiap penyelenggaraan event besar di Indonesia, seperti MotoGP Mandalika 2023 dan Piala Dunia Sepakbola FIFA U-17.

“Saya sudah memberikan instruksi kepada seluruh jajaran dan juga di pemerintah daerah dan pemerintah provinsi, serta para pelaku ekosistem parekraf untuk menyiapkan secara baik event  berskala internasional lainnya,” ujarnya.

MotoGP Mandalika 2023

Selain  fokus pada ajang internasional, Sandi mengatakan  akan mengembangkan gelaran-gelaran yang dapat menunjang pariwisata Nusantara.

“Tahun depan juga akan ada beberapa event internasional yang signifikan, tapi balance dari capaian wisatawan manca negara dan wisata nusantara ini harus seimbang. Wisatawan mancanegara ini sudah 15-20% di atas target, alhamdulillah, tapi yang wisatawan Nusantara ini harus ditopang dengan event-event berkelas daerah dan regional,” tandasnya.

Terkait penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023 yang akan dihelat pada 13-15 Oktober di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sandiaga  mengatakan bahwa  sudah menambahkan dukungan untuk promosi pariwisata mancanegara.

“Kalau kita lihat persiapannya sudah hampir final. Kesiapan akomodasi telah kami cek, dari total 16 ribu kamar dan tambahan juga homestay yang disiapkan di desa-desa wisata sekeliling Mandalika termasuk villa-villa yang sangat diandalkan ini juga sudah tersedia,” kata Sandiaga.

Semua persiapan untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023 ini  berjalan sesuai rencana sehingga diharapkan balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika ini dapat  menarik perhatian seiring ketatnya persaingan di puncak klasemen.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi sebuah balapan yang sangat menarik dan mendatangkan pengunjung di atas target dan penonton yang sangat antusias, karena berbeda poin antara posisi satu dan posisi duanya ini, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin ini cukup dekat,” pungkasnya.

No Comments

    Leave a Reply