Airlangga Hartarto Ungkap Empat Strategi Pengendalian Inflasi

August 31, 2023

BRIEF.ID –  Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan,  pengendalian inflasi dalam rentang sasaran dapat terwujud melalui strategi 4K, yaitu Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi efektif  disertai kebijakan fiskal moneter dan sektor riil.

“Beberapa pelajaran yang kita dapati dalam pengendalian inflasi, yang pertama, sinergi kerja sama kementerian, lembaga, dan daerah semakin kuat,” kata Airlangga pada  pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)  Pengendalian Inflasi Tahun 2023, di Istana Negara Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Ia mengatakan, pelajaran  kedua adalah  kerja sama perdagangan antardaerah.

“Ketiga, integrasi hulu hilir pemanfaatan teknologi; dan keempat, data secara akurat dan secara online melalui sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok,” kata jelas dia.

Sementara itu,  Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo  mengatakan, inflasi indeks harga konsumen (IHK) menunjukkan tren penurunan dan  kembali pada kisaran sasaran  lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Penurunan  didorong oleh kekonsistensi kebijakan nasional yang terpadu serta kerja sama  erat  BI dan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Pencapaian ini adalah hasil dari eratnya sinergi pengendalian inflasi antara pemerintah pusat dan daerah serta konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam tim pengendalian inflasi pusat dan daerah, termasuk kesuksesan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah yang dicanangkan langsung oleh Bapak Presiden 18 Agustus 2022,” kata Perry.

No Comments

    Leave a Reply